VAKANSI

Malaysia jadi negara di Asia Tenggara dengan libur terbanyak

Ilustrasi: Malaysia dan keindahan kotanya
Ilustrasi: Malaysia dan keindahan kotanya | Patrick Foto /Shutterstock

Mashable Asia Tenggara telah membuat daftar peringkat negara-negara Asia Tenggara dengan jumlah liburan nasional paling banyak dan paling sedikit pada tahun 2019.

Malaysia, menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki libur paling banyak di antara negara-negara lain, dengan total libur sebanyak 50 hari.

Namun, secara teknis, Negeri Jiran ini hanya memiliki 20 hari libur nasional. Sebab, beberapa wilayah memilih untuk tidak libur pada saat-saat tertentu.

Selain itu, beberapa wilayah di Malaysia memiliki liburan mereka sendiri yang tidak berlaku di tingkat nasional.

Pemerintah Malaysia sudah mengumumkan perihal hari libur untuk 16 wilayah, seperti Johor, Kuala Lumpur dan Penang.

Dinukil Publicholiday.com.my, bulan Mei adalah bulan yang memiliki hari libur paling banyak.

Pada bulan Mei, selain libur awal puasa. pemerintah juga menetapkan dua hari cuti bersama sebagai Hari Pesta Menuai, yaitu jatuh pada 30-31 Mei 2019.

Hari Pesta Menuai atau disebut juga Pesta Kaamatan merupakan upacara perayaan khusus untuk menghormati "Bambazon" yaitu semangat padi.

Berikut ini adalah jumlah libur nasional di negara-negara di Asia Tenggara lainnya:

Kamboja

Tahun 2019, masyarakat Kamboja mendapat jatah libur 31 hari. Uniknya, perayaan Tahun Baru di Kamboja antara 14 hingga 17 April.

Selain itu, Kamboja juga menjadi satu-satunya negara yang memiliki hari libur nasional pada perayaan Hari Anak dan Hari Hak Asasi Manusia pada tahun 2019.

Thailand

Secara teknis Thailand hanya mendapat 20 hari libur nasional, sementara enam perayaan lainnya dirayakan di provinsi-provinsi tertentu. Namun, jika dijumlahkan semua provinsi dengan perayaan libur masing-masing, Negeri Gajah Putih ini mempunyai libur nasional sebanyak 26 hari.

Myanmar

Negara mayoritas Budha di Asia Tenggara ini memiliki lima hari yang didedikasikan untuk merayakan bulan purnama, yakni Tabaung, Kasong, Waso, Thadingyut, dan Tazaungmone.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, hari-hari tersebut dianggap menguntungkan dan dilindungi untuk mengamati pelapisan bulan.

Jika dijumlahkan, Myanmar memiliki hari libur nasional sebanyak 25 hari.

Filipina

Filipina memiliki banyak hari libur nasional berpusat di sekitar hari-hari suci keagamaan. Hanya Filipina, satu-satunya negara yang memiliki hari libur nasional untuk Kamis Putih.

Hari tersebut dianggap sakral karena jatuh pada hari Kamis menjelang Paskah. Total warga Filipina akan menikmati 21 hari libur nasional.

Indonesia

Menduduki posisi keenam, Indonesia memiliki hari libur nasional sebanyak 20 hari. Pada perayaan Lebaran, Indonesia memberikan lima hari libur umum. Terhitung dari tanggal 3-7 Juni 2019.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki lebih dari 15 hari libur untuk tahun 2019. Angka ini cukup mengejutkan, bila melihat populasi hanya setengah juta jiwa.

Libur nasional terlama untuk negara dengan julukan Petro Dollar ini akan jatuh pada 5-8 Juni selama perayaan Hari Raya atau Idul Fitri. Jadi bila ditotal jumlah hari libur nasional Brunei Darussalam sebanyak 19 hari.

Singapura

Singapura termasuk salah satu negara yang paling sedikit memiliki liburan nasional.

Masyarakat Negara Singa ini akan menikmati libur nasional terbanyak pada saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Warga Singapura akan beristirahat dari tanggal 5 hingga 6 Februari. Total, negeri Singa ini menikmati hari libur nasional sebanyak 14 hari.

Laos

Penduduk Laos akan menikmati libur umum terpanjang pada 14 hingga 16 April untuk merayakan Festival Pi Mai Lao, yaitu perhelatan yang menggabungkan unsur-unsur bumi dan dikenal juga dengan sebutan Songkran.

Selama festival, tidak ada kembang api atau makan malam mewah, melainkan pemujaan di kuil, percikan air, dan menikmati makanan jalanan.

Total, Laos akan menikmati hari libur nasional sebanyak 13 hari.

Vietnam

Penduduk Vietnam pada tahun 2019 akan menjadi warga yang paling sedikit menikmati hari libur dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

Vietnam hanya mempunyai hari libur nasional sebanyak 11 hari. Jumlah liburan umum terpanjang yang akan dinikmati oleh Vietnam untuk 2019 adalah lima hari dan jatuh selama Tet Nguyen Dan.

Tet Nguyen Dan adalah Tahun Baru Vietnam untuk menandai datangnya musim semi berdasarkan kalender Lunar. Tet berlangsung dari hari pertama atau bulan pertama kalender Lunar (sekitar akhir Januari atau awal Februari) sampai setidaknya hari ketiga.

Bagi orang Vietnam, Tet Nguyên Dán atau lebih dikenal dengan nama singkat Tet, adalah hari libur dan perayaan paling penting serta populer di Vietnam.

Tahun ini, perayaan Tet jatuh pada tanggal 5 Februari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR