Manfaat bernyanyi di kamar mandi

Ilustrasi bernyanyi di kamar mandi
Ilustrasi bernyanyi di kamar mandi | sergey_sfoto /shutterstock

Apakah Anda pernah bernyanyi di kamar mandi? Selain menyenangkan, ternyata kebiasaan tersebut dapat memberikan manfaat pada kesehatan dan rasa percaya diri seseorang.

Bila dilakukan pada pagi hari, bernyanyi sambil Anda mandi dapat membuat Anda lebih semangat secara emosional dan fisik untuk memulai hari. Berikut penjelasannya dikutip dari Lifehack.

Mengurangi stres

Bernyanyi di kamar mandi dapat membantu menurunkan tingkat stres. Setiap kali Anda memiliki kesempatan untuk latihan paru-paru Anda dengan bernyanyi, ini berarti Anda menghirup lebih banyak oksigen berulang kali. Ketika Anda mengoksidasi darah Anda, Anda berarti mengurangi tingkat stres.

Meningkatkan memori

Ketika Anda bernyanyi, kemungkinan besar Anda tahu lirik lagunya, atau setidaknya bekerja keras mengingatnya. Pikirkan bernyanyi sebagai aktivitas otak. Bernyanyi di kamar mandi adalah kesempatan bagus untuk menjaga otak Anda bekerja bahkan ketika sedang mandi.

Menurunkan tekanan darah

Bernyanyi di kamar mandi membantu melepaskan hormon stres, yaitu kortisol. Hormon ini dikenal untuk meningkatkan tekanan darah, gula darah, dan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Ketika Anda bernyanyi, stres akan berkurang dan tekanan darah dapat menurun.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bernyanyi di kamar mandi memungkinkan Anda untuk mengoksidasi darah, mengurangi tingkat stres, dan menurunkan tekanan darah Anda. Semua manfaat ini secara langsung memengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan cara yang positif.

Bernyanyi di kamar mandi mungkin tampak sederhana, namun memiliki segudang manfaat, termasuk merangsang otak, mengaktifkan daya imajinasi kita, dan memberikan semangat ekstra.

Menambah rasa percaya diri

Bila Anda sedang membutuhkan dorongan kepercayaan diri, cara unik untuk mendapatkannya adalah dengan bernyanyi di kamar mandi. Bernyanyilah sesuka Anda karena tak akan ada yang menilai suara atau bagaimana cara Anda bernyanyi.

Anda dapat bernyanyi dengan suara keras seolah tak ada yang akan mendengarkan, dan kelegaan setelahnya akan menghilangkan perasaan cemas, sedih dan kesepian.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa bernyanyi sambil mandi baik bagi jantung Anda. Menurut peneliti, bernyanyi secara teknis masuk dalam aktivitas aerobik yang dapat membuat jantung Anda lebih kuat.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR