Manfaat mandi dengan air dingin

Manfaat mandi air dingin
Manfaat mandi air dingin | eldar nurkovic /shutterstock

Mandi merupakan kegiatan paling penting yang dilakukan hampir semua orang setiap hari. Bedanya, ada orang yang lebih senang mandi pakai air dingin atau air hangat. Mana yang lebih baik? Menurut Popsugar, mandi air hangat dapat meredakan ketegangan dan otot-otot yang kaku. Air hangat juga dapat meredakan gejala flu, dan membantu turunkan demam.

Mandi air hangat mungkin terasa menenangkan, namun ada manfaat lain yang didapatkan ketika Anda mandi air dingin (suhunya minimal 15 derajat). Berikut penjelasannya menurut Womenshealth :

Memperbaiki suasana hati

Selain membut tubuh menjadi lebih segar, rupanya mandi air dingin dapat membuat suasana hati lebih baik. Menurut Sheenie Ambardar, seorang psikiater dari Beverly Hills, mengatakan bahwa air dingin dapat meningkatkan kadar beta-endorphin dan noradrenalin tingkat dalam darah, serta tingkat noradrenalin di otak, yang pada gilirannya memiliki efek anti-depresan pada suasana hati.

Menghilangkan nyeri pada otot

Jika menyukai olahraga berat, mandi air dingin akan membuat Anda terbebas dari nyeri otot. Fokuskan penggunaan air dingin di bagian tubuh yang terkena nyeri otot. Aliran darah dapat membantu memperbaiki kerusakan otot atau jaringan lain, karena darah mengandung nutrisi yang dapat menyembuhkan.

Memperbaiki kulit

Untuk mendapatkan kulit yang cantik, Anda bisa membersihkan tubuh dengan air hangat, lalu beralih ke air dingin. Menurut Dermatolog Neal Schultz, air dingin dapat membantu mengencangkan kulit dan pori-pori, menghilangkan kemerahan pada wajah, dan mengurangi bengkak di bawah mata, juga membuat kulit halus dan cerah.

Rambut lebih bersinar

Mengguyur air dingin setelah memakai kondisioner akan membuat rambut lebih halus dan bersinar. Air dingin juga dapat meratakan folikel rambut dan mengunci kelembapan. Dilansir Merdeka, keramas dengan air dingin dapat melindungi sebum, memperkuat rambut, dan mencegah kerontokan rambut.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR