Manfaat setor tarik tanpa kartu dari ponsel pintar

SPONSOR: BCA
Tarik tunai tanpa kartu, inovasi baru yang memudahkan nasabah.
Tarik tunai tanpa kartu, inovasi baru yang memudahkan nasabah. | Author /Shutterstock

Kemudahan transaksi pada industri 4.0 makin meluas. Perubahan menuju industri 4.0 dapat dilihat dari berkembangnya Internet of/for Things yang diikuti teknologi baru seperti artificial intelligent (kecerdasan buatan), robotik, hingga cara bertransaksi.

Salah satu inovasi di era 4.0 yang kini ditawarkan adalah transaksi setor tarik tunai tanpa kartu di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Inovasi yang dikembangkan industri perbankan ini, bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi hanya dari ponsel pintar.

Adapun kemudahan dan manfaat langsung yang bisa didapat nasabah dari transaksi setor tarik tunai tanpa kartu yang #DibikinSimpel sebagai berikut.

Meminimalkan risiko kehilangan

Risiko jika Anda membawa kartu ATM saat tarik tunai adalah menekan risiko kehilangan kartu, terlebih Anda lupa mengambil kartu usai menarik uang tunai. Selain itu, ada kemungkinan kartu jatuh dan patah akibat terinjak ketika Anda mengantre cukup panjang di depan mesin ATM.

Dengan bermodalkan ponsel pintar, Anda tak perlu khawatir bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Hal ini disebabkan data yang tersimpan pada ponsel pintar untuk setor tarik tunai, lebih aman dibanding menggunakan kartu ATM.

Menghindari aksi kejahatan

Menggunakan kartu untuk setor tarik tunai juga berisiko memancing aksi kejahatan. Modus kejahatan yang bisa terjadi di mesin ATM adalah skimming. Kejahatan skimming tergolong canggih dan profesional karena menggunakan sejumlah peralatan, seperti alat pemindai magnetis, dudukan slot kartu di mesin ATM, serta kamera.

Data yang dimiliki korban tercatat melalui alat pemindai tersebut. Pelaku dengan mudah bisa mengakses data ATM nasabah. Biasanya, sebelum aksi dilakukan penjahat sudah menyiapkan kartu palsu untuk transaksi dengan data yang sudah diambil dari kartu asli nasabah. Data itu kemudian dimasukkan ke dalam kartu palsu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi.

Lebih praktis

Bermodalkan ponsel pintar, Anda dapat melakukan tarik tunai di ATM secara praktis tanpa kartu (cardless). Dalam rangka transaksi cardless, BCA memiliki fitur BCA mobile dengan fasilitas Tarik Tunai. Fitur tarik tunai ini tentu akan membuat para nasabah semakin mudah dalam melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM BCA.

Bertransaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA juga terbilang mudah. Setelah Anda mengunduh aplikasi BCA mobile, Anda masuk ke BCA mobile (m-BCA) yang terhubung dengan rekening tabungan Anda. Akses menu Tarik Tunai, ikuti prosesnya untuk mendapatkan Kode Tarik Tunai.

Setelahnya, Anda dapat mengunjungi ATM BCA yang menampilkan menu Transaksi Tanpa Kartu, kemudian pilih BCA mobile, masukkan nomor HP BCA mobile dan Kode Tarik Tunai, uang tunai sudah berada di tangan Anda.

Bagi Anda yang memiliki kisah atau pengalaman menarik seputar transaksi setor tarik tunai di ATM, bisa bercerita melalui Lomba Komik Beritagar.id pada 11 April 2019. Lomba yang terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya ini, memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk menuangkan kreativitas.

Lomba ini dapat dapat diikuti oleh individu maupun peserta dengan membentuk tim yang terdiri dari maksimal 2 (dua) orang. Mengusung tema "Dibikin Simpel dengan teknologi Digital", Anda bisa memilih topik, seperti Buka Tabungan via “BCA Mobile”, “BCA Keyboard”, “Awas Modus”, dan “Setor/Tarik Tunai Tanpa Kartu”.

Bagi komik terbaik, akan mendapatkan hadiah utama yaitu 1 unit Apple Macbook Pro. Selain itu, ada pula 5 unit Samsung Galaxy A7, 11 Tabungan Sakuku senilai Rp500 ribu, dan 5 unit Wacom Intuos CTL-4100WL Bluetooth Small.

Untuk informasi lengkap serta syarat dan ketentuan lomba, bisa Anda lihat pada tautan https://beritagar.id/lomba/komik.

SPONSOR: BCA
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR