TIP KECANTIKAN

Mari bersihkan wajah dengan minyak

Mencuci wajah dengan minyak
Mencuci wajah dengan minyak | Kzenon /Shutterstock

Bagi sebagian orang, cuci muka dengan air saja terasa kurang bersih. Apalagi bagi mereka yang memakai riasan wajah seharian. Akibatnya, bisa saja timbul jerawat. Untuk itu, Anda bisa mencoba membersihkan wajah dengan menggunakan minyak.

Minyak di kulit wajah mengganggu bagi sebagian orang. Namun, membersihkan wajah dengan minyak justru dapat melarutkan minyak berlebih pada kulit, juga menghapus riasan dan tabir surya.

Anda akan merasakan kulit lebih bersih, lembut, cerah, lebih sedikit komedo, serta produksi minyak lebih seimbang.

Penggunaan minyak sebagai pengganti sabun cuci muka dinilai lebih menghidrasi karena tidak mengandung banyak surfaktan yang biasanya digunakan sebagai detergen. Minyak yang digunakan adalah minyak alami yang ramah kulit. Misal minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak argan.

"Membersihkan wajah dengan minyak adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan produk rias wajah, dari noda bibir hingga hampir menjadi maskara tahan air," kata Jessica Arnaudin, ahli estetika dan perawatan kulit di New York City, Amerika Serikat.

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, MD, minyak mengandung bahan-bahan penghidrasi dan penenang yang mungkin sebenarnya lebih efektif dan tidak membuat kulit jadi iritasi. Membersihkan wajah dengan minyak juga tidak akan membuat kulit Anda berminyak setelahnya.

"Minyak menyerap minyak, yang berarti bahwa produk ini dapat secara efektif menghilangkan kotoran dan meninggalkan kulit bersih," kata Joshua pada Self.

Untuk mencoba metode ini, gunakanlah minyak hanya pada malam hari. Teteskan minyak pada kapas untuk membersihkan riasan wajah.

Setelahnya, taruh minyak di telapak tangan lalu oleskan ke seluruh wajah dan leher. Pijat selama satu menit untuk membersihkan wajah sampai ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Kemudian, bersihkan wajah dengan lap yang sudah direndam di air hangat. Peras kain lap lalu gosok ke seluruh wajah sampai bersih.

Menurut dokter kulit Dr. Sejal Shah dari Smart Skin Dermatology, minyak adalah bahan penuh dengan antioksidan, vitamin, dan sifat anti-inflamasi untuk melarutkan minyak yang menyumbat pori-pori di wajah.

Namun, Joshua mengatakan bahwa tidak semua minyak tidak diciptakan sama. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing dan ada kemungkinan ini tak cocok bagi semua orang.

Kulit normal dan kering

Untuk pemilik kulit normal hingga kering, Anda bisa mencoba minyak argan. "Minyak ini cenderung melembapkan tanpa meninggalkan rasa berminyak pada kulit," kata dokter kulit Dr David E. Bank.

Minyak argan akan menghidrasi, bahkan pada kulit yang paling kering. Bila diaplikasikan ke wajah, akan berfungsi seperti pelembap. Ini akan membantu mengontrol produksi minyak dengan menyeimbangkan tingkat sebum atau minyak yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan kelembapan.

Selain itu, penggunaan minyak argan tidak menyumbat pori-pori juga dapat menyeimbangkan produksi minyak alami dan mencegah munculnya jerawat. Minyak ini juga cocok untuk Anda yang memiliki kondisi kulit sensitif seperti eksim, psoriasis, dan rosacea.

Tak hanya minyak argan, untuk pemilik kulit kering bisa mencoba produk dengan avokad, jojoba, atau minyak bunga matahari. Sedangkan untuk kulitnya normal hingga sensitif, lebih baik mencari pembersih dengan minyak yang menenangkan, seperti minyak biji rosemary dan camellia.

Kulit berminyak dan berjerawat

Untuk pemilik kulit berminyak, bisa memilih minyak pohon teh (tea tree oil) atau minyak peppermint. "Pohon teh dan minyak peppermint memiliki sifat astringen yang sangat bagus untuk kulit berminyak," kata Sejal.

Bagi yang kulitnya berjerawat, tak perlu ragu membersihkan wajah dengan minyak. Sejal mengatakan jika membersihkan wajah dengan minyak dilakukan dengan benar, itu dapat membersihkan dan melembapkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

Menurut Sejal, orang-orang dengan kulit berminyak atau berjerawat cenderung membersihkan wajah berlebihan hingga kulit menjadi kering dan malah memproduksi lebih banyak minyak.

Saran dari Joshua bagi pemilik kulit berminyak atau rentan jerawat adalah mencari pembersih yang mengandung minyak anggur, argan, lavender, atau kelapa, yang lebih ringan dan lebih mungkin bekerja dengan baik dengan kulit.

"Minyak yang lebih berat seperti avokad, di sisi lain, mungkin harus dihindari jika Anda sudah berminyak," pungkasnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR