Membuat obat kumur dari bahan alami

Obat kumur
Obat kumur | PHENPHAYOM /Shutterstock

Setelah makan makanan pedas atau berbau menyengat, Anda butuh obat kumur untuk kembali menyegarkan mulut.

Obat kumur dapat membantu melawan bau tidak sedap, meningkatkan kesehatan mulut, memperkuat gigi dan gusi, mencegah penumpukan plak, mengobati luka mulut, serta menyegarkan napas.

Namun, jika tidak tertarik dengan produk obat kumur yang ada di pasaran, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.

Soda kue

Anda butuh setengah sendok teh soda kue atau natrium bikarbonat lalu campurkan ke dalam setengah gelas air hangat. Kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam air. Aduk rata lalu kumur-kumurlah menggunakan campuran tersebut setelah atau sebelum menyikat gigi.

Untuk mendapatkan manfaat, Anda bisa mengulanginya tiga sampai empat kali sehari. Soda kue merupakan bahan yang baik untuk bau mulut dan bakteri mulut.

Soda kue dapat menetralkan bau di mulut. Ini memiliki pH basa, yang menyeimbangkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dan juga menetralkan efek minuman asam, seperti soda dan kopi.

Selain itu, keuntungan dari membuat obat kumur ini adalah tidak butuh biaya mahal, tidak mengandung bahan kimia yang keras, tidak mengandung pewarna dan perasa, serta bebas alkohol.

Minyak kelapa

Ambil satu sendok makan minyak kelapa murni, kemudian langsung kumur di mulut hingga 15 menit. Setelahnya, lakukan rutinitas perawatan mulut seperti biasa. Lakukan ini sekali sehari sebelum menyikat gigi.

Berkumur dengan minyak kelapa adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bakteri dan mempromosikan kesehatan gigi dan gusi. Faktanya, ini terbukti lebih efektif daripada flossing dan ini adalah salah satu cara terbaik untuk memutihkan gigi secara alami.

Minyak bekerja dengan cara membersihkan rongga mulut dengan cara yang sama seperti sabun membersihkan piring kotor. Ini benar-benar menghisap kotoran dari mulut dan berkontribusi untuk mencegah gigi berlubang.

Tak hanya itu, berkumur dengan minyak kelapa juga dapat mengatasi kerusakan gigi, membunuh bau mulut, menyembuhkan gusi berdarah, mengurangi peradangan, mengatasi kekeringan tenggorokan, menyembuhkan bibir pecah-pecah, dan memperkuat gusi serta rahang.

Garam

Garam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kumur alami. Anda butuh setengah sendok teh garam dan campurkan dengan setengah gelas air hangat. Aduk rata kemudian berkumurlah dua sampai tiga kali sehari dengan campuran tersebut setelah makan.

Air hangat dan garam efektif untuk membilas mulut dan fungsinya mirip dengan obat kumur yang dijual bebas yang mengandung senyawa seperti chlorhexidine. Ini dapat membantu mengurangi plak gigi serta jumlah mikroba oral.

Banyak obat kumur yang dijual bebas mengandung alkohol dan dapat mengiritasi selaput lendir yang membengkak di mulut. Ini bisa jadi alasan mengapa sebaiknya mencoba obat kumur dari air garam.

Air garam juga dapat digunakan untuk menyarankan untuk menggunakan larutan salin, yang juga disebut bilas air asin, untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi setelah pembersihan mendalam atau prosedur gigi lain seperti pencabutan gigi.

Berkumur dengan air garam hangat dua hingga tiga kali sehari dapat membantu meringankan sakit gigi karena air garam berfungsi sebagai antiseptik, serta dapat menghilangkan bakteri dari daerah yang terinfeksi.

Jus lidah buaya

Campurkan setengah cangkir jus lidah buaya dengan setengah gelas air dan setengah sendok teh soda kue. Bilas mulut menggunakan campuran ini setelah menyikat gigi.

Lakukan tiga sampai empat kali sehari. Obat kumur ini efektif dalam mengurangi indeks periodontal dan dapat membantu mengurangi pendarahan gingiva dan plak

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR