Mempersiapkan stok bahan makanan kering

Bahan makanan kering di pasar.
Bahan makanan kering di pasar.
© Victor Jiang /Shutterstock

Bulan puasa tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda mempersiapkan isi dapur dengan beragam bahan makanan kering yang praktis untuk sahur dan berbuka?

Kebutuhan bahan makanan di bulan puasa memang meningkat dibanding biasanya. Tak hanya itu, dengan alasan kepraktisan, Anda juga membutuhkan bahan makanan yang tahan disimpan dalam waktu cukup lama namun sekaligus gampang diolah.

Ini dia beberapa bahan makanan kering yang bisa distok selama bulan puasa:

Mi dan bihun

Mi paling sering jadi andalan sebagai makanan praktis di segala suasana. Menyiapkannya pun relatif mudah dan tak butuh waktu lama.

Tinggal rebus kurang lebih tiga menit, tambahkan bahan makanan lain seperti baso, daging ayam, sayuran, atau telur, seporsi hidangan komplit sudah siap disantap. Selain diolah menjadi mi rebus atau mi goreng, mi juga mudah diolah menjadi masakan lain, misalnya diolah bersama tepung terigu dan telur menjadi bola-bola mi atau pizza mi.

Bihun kering juga memiliki masa simpan yang cukup lama, sehingga bisa dijadikan stok selama bulan puasa. Sama seperti mi, bihun bisa diolah menjadi bihun rebus bersama bakso sapi dan sayuran, atau bihun goreng.

Aneka pasta

Aneka rupa pasta, seperti spageti, makaroni, penne, dan lain-lain, merupakan sumber karbohidrat alternatif saat Anda dan keluarga bosan makan nasi. Memasak pasta juga cukup mudah dan praktis, Anda hanya perlu merebus dan menambahkan saus di atasnya.

Saus pasta ada yang sudah siap santap, Anda tinggal memanaskannya. Jika membuatnya sendiri pun relatif mudah. Anda hanya perlu saus tomat, daging sapi atau ayam, dan beberapa bumbu.

Tapi tak perlu menyetok terlalu banyak, karena pasta biasanya tak disajikan setiap hari. Lagi pula menyimpan pasta terlalu lama bisa membuat aromanya apek saat dimasak.

Tepung-tepungan

Beragam jenis tepung, seperti tepung terigu, tepung beras, tepung ketan, tepung maizena, dan tepung kanji tak ada salahnya distok agak banyak saat bulan puasa. Setiap jenis tepung punya banyak kegunaan dalam membuat adonan makanan, misal tepung terigu untuk membuat bakwan, tahu isi, dan tempe mendoan. Sedangkan tepung beras dan tepung ketan bisa dipakai untuk membuat aneka kue atau kudapan teman berbuka puasa.

Di swalayan, tersedia aneka tepung yang sudah diracik bersama bumbu-bumbu tertentu sesuai dengan jenis makanan yang akan dibuat, misalnya tepung untuk membuat bakwan, tepung untuk adonan martabak, dan masih banyak lagi. Penggunaannya sangat praktis, tinggal ditambahkan air, adonan tepung pun bisa langsung dipakai.

Kacang-kacangan

Kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, maupun kacang polong, bisa Anda simpan agak lama. Ini merupakan sumber protein yang sangat baik dikonsumsi selama bulan puasa, saat ketika Anda lebih banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak dibanding makanan bergizi.

Aneka kacang-kacangan ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, misalnya kacang hijau dimasak bubur kacang hijau sebagai teman berbuka puasa, kacang tanah sebagai taburan salad atau asinan sayur, dan kacang kedelai bisa dimasak bersama soto atau bubur.

Telur

Satu butir telur mengandung 6 gram protein dan 70 kalori. Meski bukan merupakan bahan makanan kering, telur yang disimpan di dalam lemari es bisa bertahan cukup lama.

Telur bisa diolah menjadi makanan apa saja, mulai dari sekadar digoreng atau didadar sebagai teman makan nasi saat sahur, direbus, hingga ditambahkan ke dalam berbagai adonan kue.

Oatmeal

Jika selama ini Anda enggan mengonsumsi oatmeal karena tak suka dengan rasanya yang hambar dan teksturnya yang sangat berserat, bulan puasa ini tak ada salahnya mulai mencoba memasukkan oatmeal ke dalam menu sahur atau makan malam.

Tak hanya karena bahan makanan ini tahan lama disimpan, oatmeal juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan sangat membantu jika Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi gorengan dan makanan berlemak lainnya saat berbuka puasa.

Anda dapat mengolah oatmeal menjadi smoothies. Caranya, masak oatmeal dengan air dan kayu manis batangan, biarkan dingin, kemudian campurkan dengan susu, es, dan madu secukupnya.

Abon

Abon bisa jadi penyelamat saat Anda tak sempat memasak sahur karena kesiangan. Olahan daging sapi ini cukup memberi asupan protein jika dijadikan teman makan nasi.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.