Mengajari anak etiket dasar lewat buku kartun Good Habit

Ilustrasi belajar etiket dasar untuk anak
Ilustrasi belajar etiket dasar untuk anak
© Shutterstock

Agar bisa ditangkap dan diterima dengan baik, bagi anak-anak, khususnya mereka yang masih tergolong usia dini, proses belajar haruslah menjadi proses yang menyenangkan. Salah satu metode belajar yang bisa Anda gunakan untuk anak belajar adalah menularkan pengetahuan dengan cara menceritakan isi buku kepada anak.

Menceritakan isi buku kepada anak dengan cara mendongeng bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk pembelajaran si kecil. Namun tentu, materi yang Anda berikan sebaiknya disesuaikan dengan usia anak agar dapat mereka terima dengan baik.

Untuk anak-anak usia dini misalnya, pilihlah buku yang didominasi oleh gambar dan warna-warni menarik. Dr. Alice Wilder, seorang psikolog pendidikan mengatakan bahwa kekuatan buku bergambar dengan sedikit kata-kata adalah mengandung banyak cerita. Untuk buku yang sesuai dengan kriteria ini, Anda bisa memanfaatkan buku Good Habit karya Rosi L. Simamora untuk mengajarkan 3 etiket dasar kepada anak, yakni kebiasaan untuk mengucapkan kata 'tolong', 'maaf', dan 'terima kasih'.

Buku Good Habit cocok diberikan untuk anak-anak usia dini. Cerita dalam buku ini disampaikan melalui gambar-gambar tokoh hewan yang dibuat warna-warni. Ada tokoh kartun kelinci, gajah, kuda nil, dan landak yang digambarkan sebagai sebuah keluarga. Seperti buku untuk anak-anak pada umumnya, buku Good Habit karya Rosi L. Simamora ini juga didominasi oleh gambar-gambar lucu dan warna mencolok yang menarik perhatian.

Buku ini menyampaikan pesan moral dengan sangat sederhana sehingga akan mudah diterima oleh anak. Untuk mengajarkan anak agar terbiasa mengucapkan kata 'tolong' misalnya, dalam buku tersebut diceritakan Pipo sang anak kuda nil sedang merasa lapar dan Pipo berseru, "minta susu" kepada ibunya. Namun melihat anaknya seperti itu, ibu Pipo bukan langsung memberikan segelas susu kepada Pipo malah mendiamkan anaknya.

Di sini anak akan diajak untuk mau dan terbiasa meminta 'tolong' setiap kali membutuhkan sesuatu dari orang lain. Tak hanya terkesan lebih sopan dan halus, membiasakan diri mengucapkan 'tolong' juga akan membuat orang lain yang memberikan bantuan merasa lebih dihargai. Dengan demikian, orang yang memberi bantuan juga tidak akan enggan untuk mengulurkan tangan mereka di kemudian hari ketika kita memerlukan bantuan mereka kembali.

Penting rasanya untuk menanamkan etiket dasar seperti ini sejak dini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang penuh syukur dan bisa menghargai sesamanya kelak. Kebiasaan untuk meminta 'tolong', 'maaf', dan mengucapkan 'terima kasih' akan membantu menciptakan kondisi yang lebih nyaman dan damai dalam kehidupan bermasyarakat.

Ulurkan tangan Anda dalam membantu menciptakan kondisi damai dan kondusif dengan cara memberikan anak-anak Indonesia asupan ilmu melalui buku. Bantuan dapat Anda salurkan melalui gerakan #BukuUntukIndonesia.

Gerakan #BukuUntukIndonesia membantu menyalurkan buku-buku anak ke perpustakaan sekolah-sekolah negeri di 60 titik yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Good Habit adalah salah satu buku yang akan didistribusikan dalam gerakan ini. Tak hanya buku Good Habit, masih banyak buku anak lain yang akan disalurkan, seperti buku sejarah nasional, buku ilmu pengetahuan alam, hingga buku dongeng.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.