Mengasah bahasa Inggris pas-pasan demi karier

MITRA: Job planet ID
Ingin melamar kerja namun Bahasa Inggris pas-pasan?Ikuti tip ini.
Ingin melamar kerja namun Bahasa Inggris pas-pasan?Ikuti tip ini. | ESB Professional /Shutterstock

Dahulu belum banyak orang yang menyadari pentingnya Bahasa Inggris di dunia kerja. Tapi kini, layaknya mengoperasikan komputer, menguasai Bahasa Inggris boleh dibilang sudah menjadi suatu keharusan. Nah, apabila Anda merasa Bahasa Inggris Anda masih pas-pasan, jangan berkecil hati. Sebelum melamar kerja, asah dulu kemampuan Bahasa Inggris Anda.

Berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris Anda:

1. Ikut kursus daring

Iklan lembaga kursus Bahasa Inggris memang bisa ditemukan di mana-mana. Bahkan tidak sedikit yang berani menjamin Anda lancar berbahasa Inggris dalam waktu singkat. Namun, tentu saja ada biaya besar yang harus dikeluarkan. Nah beruntunglah Anda yang hidup di era modern, di mana pendidikan bisa dinikmati di dunia maya. Dengan berbekal komputer dan koneksi Internet, Anda bisa menemukan beragam pilihan kursus yang tidak memungut biaya sepeser pun.

2. Belajar lewat film, lagu, dan buku

Film adalah salah satu sarana paling tepat untuk memahami percakapan (conversation), yakni dengan cara menontonnya menggunakan terjemahan Bahasa Inggris. Lagu bisa mengasah kemampuan mendengarkan (listening), misalnya dengan menuliskan lirik lagu yang sedang didengarkan tanpa menyontek. Sementara buku dapat menambah kosakata (vocabulary) dan pemahaman tata bahasa (grammar).

3. Ikuti akun-akun bermanfaat

Apabila media sosial hanya Anda gunakan sebagai tempat berkeluh kesah, maka itu tak akan ada untungnya. Manfaatkanlah fitur yang ada untuk mengikuti akun-akun yang bisa membantu Anda belajar berbahasa Inggris. Agar tidak bosan, Anda juga bisa mencari akun-akun dengan konten Bahasa Inggris yang menghibur, seperti video-video lucu.

4. Berinteraksi dengan teman

Praktikkan sedikit demi sedikit pengetahuan Bahasa Inggris Anda dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat melakukan percakapan dengan teman. Jangan takut salah atau dianggap sok. Teman yang suportif pasti akan ikut membantu, bukan malah mengejek.

Selain dengan teman, orang asing pun bisa membantu Anda. Di media sosial, seperti Facebook atau Youtube misalnya, Anda bisa menemukan kolom komentar yang diramaikan oleh para pengguna dari berbagai negara. Sesekali cobalah sampaikan pendapat Anda sambil bertukar pikiran di sana. Selain menambah pengikut, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

5. Berlatih wawancara

Sebelum masuk ke sebuah perusahaan, penilaian kemampuan Bahasa Inggris salah satunya dilakukan lewat wawancara. Karenanya, penting bagi Anda untuk berlatih menghadapi tahapan seleksi ini. Dengan terlebih dahulu membaca kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja di Jobplanet.com, Anda kemudian bisa menyiapkan jawaban dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, kemudian melatihnya berulang-kali.

Salah satu kunci utama menguasai Bahasa Inggris adalah dengan tidak menghafal. Sesuatu yang dihafal punya risiko terlupakan. Tapi kalau sudah paham, Anda bisa mengaplikasikan pengetahuan dengan lebih mudah. Pepatah "alah bisa karena biasa" berlaku di sini. Dengan membiasakan diri berbahasa Inggris, maka akan lebih cepat pula Anda menguasainya.

MITRA: Job planet ID
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR