SEPEDA

Menyimak balap sepeda lintasan

Ilustrasi: Mengenal balap sepeda lintasan.
Ilustrasi: Mengenal balap sepeda lintasan. | Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Cycling Track disebut juga Balap Sepeda Lintasan, merupakan balap sepeda khusus. Sepedanya khusus, lintasannya pun juga khusus. Sepedanya disebut Track Bike. Sepeda ini digunakan pada lintasan balap memutar di dalam ruangan yang disebut dengan velodrome.

Velodrome ukuran standar Olimpiade adalah panjang 250m, dengan sudut tikungan 12 derajat serta kemiringan 42 derajat.

Sedang Track Bike didesain dengan single gearing, alias hanya satu gir di depan dan satu gir di belakang. Pembalap tidak perlu melakukan shifting, karena hanya ada kecepatan tunggal.

Sepeda ini menggunakan fixed gear, yaitu gir seperti yang dipasang pada sepeda Fixie. Jika pedal digowes ke depan sepeda akan maju, dan bila digowes ke belakang sepeda akan mundur.

Inovasi Track Bike maju sangat pesat. Pada Olimpiade 1984 di Los Angeles, teknologi spokeless alias roda tanpa jeruji dan piringan roda carbon-fibre, mulai diperkenalkan. Bobot ringan sepeda yang jadi perhatian utama.

Puncak inovasi terjadi pada Olimpiade 1992, Barcelona, Spanyol. Pembalap Inggris Chris Boardman dari Inggris memecahkan rekor dunia, sekaligus meraih medali emas pertama bagi Inggris untuk cabang olahraga sepeda sejak tahun 1920.

Ia menggunakan sepeda yang sepenuhnya terbuat dari carbon-fibre serta aerodynamic cross sections yang beratnya tidak lebih dari sembilan kilo.

Balapan ini untuk perorangan maupun tim. Kelas yang dipertandingkan adalah: Sprint, Endurance Race, Pursuits, Time Trial, Madison dan Keirin.

Untuk Time Trial, Sprint, Perorangan Pursuit dan Endurance Race ada kelas putra dan putri. Sedangkan untuk 4000 m Tim Pursuits, Madison, Keirin dan Olympic Sprint hanya untuk putra.

Hitungan poin dalam kompetisi sepeda lintasan ini cukup rumit. Madison misalnya, dimulai dengan start massal dari sejumlah tim yang terdiri dari dua pesepeda. Nilai diberkan kepada pesepeda yang berhasil menyelesaikan lomba. Saat lomba, hanya satu rider saja yang berada pada jalur, berkeliling sejumlah lap baru kemudian bertukar posisi dengan rider setimnya.

Keirin, beda lagi. Jarak yang harus ditempuh 2000 meter. Pada awal lomba, para rider mengikuti sebuah motor yang akan berjalan sejauh 1400 meter. Motor tersebut selanjutnya menepi, pada saat itu juga para rider akan melakukan sprint hingga garis akhir.

Olympic Sprint juga disebut Team Sprint, masing – masing tim terdiri dari tiga rider. Dua tim akan saling berhadapan, dimulai dari arah yang berlawanan dengan tujuan, menyelesaikan tiga putaran tercepat. Setiap rider harus memimpin tim mereka masing – masing satu putaran.

Pada Asian Games 2018, cabang balap sepeda lintasan, digelar di Jakarta International Velodrome Rawamangun. Sayangnya atlet Indonesia baik putra maupun putri belum belum menjadi yang terbaik di Asia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR