Merekam wajah Indonesia lewat lensa

Pekan Budaya Sumbar di Padang (24/10/2014) ini bisa jadi obyek foto dan dokumenter khas Indonesia
Pekan Budaya Sumbar di Padang (24/10/2014) ini bisa jadi obyek foto dan dokumenter khas Indonesia | Iggoy el Fitra/Ant

Era digital memungkinkan semua orang memenggeluti dokumentasi visual -- baik foto maupun video. Dengan kamera ponsel, siapa pun bisa menghasilkan gambar (indah) dan mengunggahnya ke berbagai platform daring (online). Tapi sebagian lain, melakukannya dengan serius -- bukan sebatas iseng atau hobi.

Tjandra Wibowo (47), salah seorang di antaranya. Karena sudah dua dekade menggeluti dunia visual dokumenter di televisi, Tjandra mulai menggarap serius video dokumenter berlatar Indonesia. Dengan tagline "Capturing Indonesia through Lenses," Tjandra berusaha menceritakan wajah Indonesia.

Di laman indonesiastockshot.com bisa dilihat aneka karya dokumenter Tjandra -- baik budaya maupun keindahan alam. Menurut informasi yang diterima Beritagar, laman ini merupakan online marketplace video footage pertama di Indonesia. Tapi merancang dokumenter seperti ini tidak mudah, apalagi Tjandra harus mengunjungi banyak kawasan Indonesia seluas 1,9 juta Km2 (daratan) dan 3,2 Km2 (lautan) ini.

Tjandra akan menceritakan kisah perjalanannya, seluk beluk dokumenter, dan laman tersebut dalam diskusi terbuka Obrolan Langsat. Akan disediakan pula dua voucher MAP sebagai doorprize bagi sobat beruntung. Berikut agenda lengkapnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR