TIP KECANTIKAN

Metode mengangkat tuntas kotoran bekas makeup di wajah

Ilustrasi mencuci wajah
Ilustrasi mencuci wajah | Knot. P. Saengma /Shutterstock

Perawatan wajah untuk sebagian perempuan dipandang sebagai hal yang penting dalam keseharian. Sebab, perawatan kulit yang Anda lakukan hari ini otomatis memengaruhi kecantikan Anda pada waktu mendatang.

Membersihkan wajah dengan metode double cleansing merupakan tren yang dipopulerkan oleh para perempuan Korea Selatan. Tujuannya adalah agar wajah bersih optimal dan tidak meninggalkan sisa-sisa kotoran akibat pemakaian makeup sepanjang hari.

Kehadiran double cleansing di dunia kecantikan seiring dengan tren rias yang mengaplikasikan ragam lapisan makeup untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan fitur wajah Anda.

Alhasil, membersihkan wajah dengan metode double cleansing pun menjadi andalan teranyar karena memang khasiatnya terbukti membuat kulit terlihat lebih segar, muda, dan bersih.

Menurut Shari Marchbein, seorang dermatolog dari New York, Amerika Serikat, double cleansing yang memiliki arti pembersihan ganda adalah kunci dan inti utama dari seluruh rangkaian perawatan kulit yang dilakukan oleh perempuan Korea Selatan.

"Sangat penting untuk membersihkan wajah dari bekas produk riasan, kotoran, dan polusi yang menumpuk pada kulit akibat beraktivitas sepanjang hari. Lakukanlah sebelum tidur," jelas Marchbein.

Menurut dia, tidur dengan kondisi riasan masih menempel di kulit wajah merupakan 'dosa besar' karena bisa menyebabkan datangnya jerawat dan kista yang menyakitkan.

"Saya selalu merekomendasikan ritual double cleansing kepada semua pasien sebelum mereka mengaplikasikan krim perawatan kulit lainnya," ujar Dendy Engelman, seorang dermatolog dari New York, AS, seperti dilansir Allure.

Metode double cleansing ini membutuhkan dua produk pembersih wajah yang memiliki khasiat masing-masing.

"Membersihkan wajah sebanyak dua kali efektif mengangkat kotoran. Sebab, pada tahap pembersihan kedua prosesnya lebih menyerap ke pori-pori kulit sehingga kotoran lebih bersih dan mudah terangkat," terang Dr Anjali Mahto, Consultant Dermatolog, Cadogan Clinic.

Langkah pertama dari metode double cleansing adalah menggunakan pembersih yang terbuat dari minyak. Fungsinya untuk memudahkan proses mengangkat kotoran di wajah.

"Gunakan air micellar yang merupakan emulsi nonpengisapan netral. Anda juga bisa menggunakan pembersih berbahan dasar minyak yang lembut yang efektif mengangkat sisa riasan. Minyak ini juga berfungsi untuk menghidrasi kulit," jelas Lily Talakoub, seorang dokter kulit di McLean, Virginia, Amerika Serikat.

Kedua produk tersebut, kata Talakoub, ampuh meredakan bakal jerawat pada kulit.

Pakar kosmetik bernama Joseph Cincotta menjelaskan bahwa air micellar adalah kombinasi air yang telah dimurnikan menggunakan bahan penghidrasi, seperti, gliserin dan konsentrasi rendah surfaktan level ringan.

"Double cleansing menggunakan air micellar maksimal mengangkat lapisan bekas riasan agar kulit benar-benar bersih," jelas Shani Darden, dermatolog berlisensi di Los Angeles, AS.

Darden mengungkapkan bahwa manfaat lain dari double cleansing adalah produk perawatan kulit lainnya yang diusapkan sebelum tidur akan bekerja lebih maksimal karena kulit dalam kondisi benar-benar bersih.

Langkah kedua, cuci wajah menggunakan sabun pembersih seperti yang biasa Anda lakukan.

"Folikel terorientasi pada wajah, maka lebih baik mencuci wajah dengan gerakan tangan ke atas dan memutar untuk hasil maksimal," jelas Engelman.

Lalu apakah proses pembersihan ganda ini harus dilakukan setiap hari? Para ahli menyarankan agar dilakukan setiap hari terutama Anda yang dalam keseharian menggunakan rangkaian kosmetik lengkap, seperti, alas bedak, BB cream, CC cream, dan bedak padat.

Para ahli tersebut di atas sepakat bahwa double cleansing sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan mengalami jerawat, ruam, gatal-gatal, dan penyakit kulit ringan lainnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR