Minum kuah kaldu baik bagi kesehatan

Ilustrasi kaldu tulang.
Ilustrasi kaldu tulang.
© Fortyforks /Shutterstock

Selama ini, kita mungkin hanya mengonsumsi kaldu saat menyantap masakan sejenis sup. Padahal, selain rasanya gurih dan sedap, kuah kaldu yang berasal dari rebusan tulang ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Sehingga kaldu tulang, tanpa ditambah pelengkap apa pun, baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kaldu tulang dapat melawan infeksi dan melawan virus flu. Juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Glukosamin dalam kaldu tulang sebenarnya merangsang pertumbuhan kolagen baru yang mengurangi rasa sakit dan membantu memperbaiki sendi yang rusak.

Kaldu tulang juga mengandung glycosaminoglycan untuk kesehatan sendi, apalagi jika dikombinasikan dengan glukosamin.

Minum kaldu juga membantu dalam pembentukan, pertumbuhan, dan perbaikan tulang. Ini karena kaldu kaya akan nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang semuanya sangat penting dalam fungsi tulang kita yang sehat.

Jill Grunewald, pelatih nutrisi holistik dan pendiri Healthful Elementst, menyatakan minum secangkir kaldu tiap hari dapat menghasilkan keajaiban untuk sindrom usus bocor, juga bagus untuk melindungi usus yang tidak bocor.

Gelatin dalam kaldu tulang membantu menutup lubang di usus. Ini membantu menyembuhkan diare kronis, sembelit, dan bahkan beberapa intoleransi makanan. Gelatin juga dapat mencegah tulang keropos.

Bagi yang bermasalah dengan pencernaan, bisa mengonsumsi kaldu, sebab gelatin dalam kaldu bertindak sebagai koloid hidrofilik yang membantu cairan pencernaan. Ini juga memainkan peran penting dalam melindungi saluran mukosa saluran pencernaan.

Glukosamin yang terdapat pada suplemen juga ada pada kaldu tulang. Ini baik untuk membantu nyeri sendi. Kondroitin sulfat dalam kaldu tulang juga telah terbukti membantu mencegah osteoartritis, atau penyakit sendi degeneratif yang memengaruhi tulang rawan persendian.

Keuntungan minum kaldu lainnya adalah efek menenangkan pada tubuh. Asam amino glisin memiliki efek menenangkan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan memberi ketenangan pikiran.

Terbiasa mengonsumsi suplemen? Kaldu tulang lebih sehat daripada suplemen. Apalagi kaldu buatan sendiri, bukan kaldu dalam pil khusus. Proses memasak kaldu yang memakan waktu lama membantu memaksimalkan kandungan nutrisinya.

Selain itu, kaldu juga merupakan kunci bagi kecantikan kuku dan rambut. Sebab kolagen dan gelatin dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, kuku kuat, dan kulit yang lebih sehat. Tak hanya itu, minum kaldu dapat membuat Anda tampak lebih muda.

Asam hialuronat juga ditemukan dalam kaldu tulang, yang dapat memungkinkan sel kita untuk melakukan berbagai fungsi di seluruh tubuh sesuai kebutuhan. Manfaatnya adalah membuat kulit lebih sehat, muda, dan kencang.

Mark Sisson, penulis "The Primal Blueprint", menyebut kaldu tulang sebagai makanan super berkat konsentrasi mineral yang tinggi. Dia mengatakan bahwa sumsum tulang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Sebuah penelitian di Harvard bahkan menunjukkan bahwa beberapa orang dengan gangguan kekebalan tubuh mengalami kelegaan saat minum kaldu tulang.

University of Nebraska Medical Center melakukan studi mengenai kaldu yang dapat bermanfaat untuk pilek dan flu. Periset menemukan bahwa asam amino yang dihasilkan saat membuat kaldu mengurangi peradangan pada sistem pernapasan dan memperbaiki pencernaan.

Selain itu, penelitian membuktikan itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan gangguan seperti alergi, asma, dan artritis.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.