TIP KECANTIKAN

Minyak hati ikan kod untuk atasi jerawat

Minyak hati ikan kod
Minyak hati ikan kod | Umpaporn /Shutterstock

Bila berbagai cara menghilangkan jerawat telah Anda coba dan belum berhasil, mungkin inilah saatnya beralih ke perawatan alami menggunakan minyak hati ikan kod.

Perawatan jerawat seperti krim, gel, atau salep mungkin lebih umum. Namun, produk tersebut mengandung bahan kimia yang keras dan tidak cocok untuk semua orang. Bagi pemilik kulit sensitif, zat kimia tertentu bisa memperburuk kondisi jerawat. Maka, perawatan dengan produk alami mungkin lebih aman.

Minyak hati ikan kod diekstraksi dari hati ikan yang hidup di laut ini. Biasanya minyak ini dikonsumsi sebagai suplemen karena penuh dengan nutrisi. Produk ini merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3 (EPA dan DHA), dan mengandung jumlah vitamin A dan vitamin D yang relatif tinggi.

Vitamin A mengandung komponen asam retinoat. Fungsinya meningkatkan kesehatan sel, membantu sel-sel kulit baru menggantikan yang rusak, membersihkan bekas jerawat dan flek dari permukaan kulit, dan mengurangi produksi sebum.

Antioksidan dalam vitamin A dikenal untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan mengatasi masalah jerawat.

Selain itu, juga ada perbedaan antara vitamin A dalam obat jerawat accutane dan minyak hati ikan kod. Tentunya vitamin A dalam minyak adalah sumber alami, bukan sintetis, dan ini membawa risiko toksisitas yang lebih rendah dalam tubuh.

Minyak hati ikan kod juga mengandung vitamin D. Penelitian dalam Journal of Experimental Dermatology mengungkapkan manfaat yang ditawarkan oleh vitamin ini untuk kulit manusia, yaitu sifat anti-komedogenik dan antioksidan yang bisa bermanfaat bagi kulit berjerawat, melawan radikal bebas, dan membantu mencegah kerusakan kulit.

Tak hanya itu, dalam minyak hati ikan kod terdapat asam lemak omega-3 yang ideal untuk memerangi jerawat. Sebab ini berfungsi sebagai agen antiperadangan alami. Asam lemak sehat ini membantu mengendalikan peradangan kulit, bahkan pada pemilik jerawat cystic.

Menggunakan minyak hati ikan kod tidak hanya membantu membersihkan jerawat dari kulit, tetapi juga membantu menghilangkan bekas luka. Kebanyakan jerawat meninggalkan bekas luka dan kehitaman di kulit, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk memudar.

Vitamin A dalam minyak mampu mendorong regenerasi sel kulit sehingga bekas jerawat dapat pudar lebih cepat. Namun, tentu saja penggunaan minyak ini tidaklah instan. Umumnya, dalam sebulan atau lebih, Anda akan merasakan perbedaannya.

Untuk atasi jerawat, Anda bisa mengonsumsi minyak hati ikan kod dalam bentuk kapsul atau gel yang diminum langsung. Namun, beberapa orang tidak menyukai rasa minyak ini sehingga bisa menelannya bersama madu atau saus apel.

Rupanya selain bisa mengatasi jerawat, minyak hati ikan kod juga bisa meredakan masalah kulit kering yang gatal, merah, dan iritasi.

Minyak hati ikan kod membantu melembapkan dan melembutkan kulit kering. Jika dikonsumsi secara oral, minyak ikan kod dapat mengurangi kadar leukotriene B4, yang merupakan zat yang telah dikaitkan dengan kulit kering yang parah.

Anda yang punya masalah psoriasis pun dapat mencoba perawatan dengan minyak hati ikan kod. Ini karena asam lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan, membatasi pertumbuhan agen-agen pemicu inflamasi yang dapat menyebabkan psoriasis.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR