PANGGUNG TITIAN

Moschino dan H&M rilis koleksi terinspirasi bentuk kondom

Koleksi Musim Semi/Panas 2017 Moschino yang dibawakan dalam Milan Fashion Week di Italia (22/9/2016).
Koleksi Musim Semi/Panas 2017 Moschino yang dibawakan dalam Milan Fashion Week di Italia (22/9/2016). | Flavio Lo Scalzo /EPA

Moschino meluncurkan koleksi terbarunya. Kali ini, bersama sang Direktur Kreatif Jeremy Scott, rumah mode asal Italia tersebut berkolaborasi dengan H&M -- ritel raksasa asal Swedia.

Kolaborasi ini sebenarnya digaungkan sejak April 2018, tapi baru resmi diluncurkan dalam secara terbatas pada Kamis (11/10/2018). Desainnya dibuat sangat kental dengan kegilaan Scott yang memang populer sebagai perancang dengan ide liar khas budaya pop.

Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah berbagai bentuk kondom yang jadi inspirasinya. Scott menghadirkan kondom dalam bentuk anting dan tas nan gemerlap hingga kaus bergambar lingkaran kondom dengan tulisan "ready to wear".

"Setiap kali saya mendesain, saya berpikir tentang teman-teman saya. Moschino [tv] H&M lookbook adalah pesta; merayakan kesenangan, pop, kreativitas, serta energi dari orang-orang dan koleksinya," kata Scott dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Fashionista, Kamis (11/10).

Itu sebabnya dalam pembuatan lookbook ini, Scott memang meminta bantuan sahabat-sahabatnya untuk tampil. Selain model asal Amerika Serikat (AS), Dilone dan Barbie Ferreira; ada pula Aquaria, sang pemenang RuPaul's Drag Race Musim 10; serta si kembar Aya dan Ami.

Selain itu, turut pula melenggang di panggung titian adalah sang asisten bernama Sakura Bready, serta Pablo Olea -- sahabat sekaligus Head of Global PR and Communications Moschino.

Selain itu, pada koleksi ini, Scott juga menggunakan berbagai elemen yang menceritakan berbagai karakter. Perancang yang juga pernah bekerjasama dengan Adidas ini sukses membungkus busana penuh motif ala era 70-an, gaya glamor 80-an, hingga nostalgia 90-an dalam kesatuan gaya Moschino yang epik.

Dalam rancangannya kali ini; Anda bisa menemukan berbagai karakter Disney seperti Donald Duck dan Mickey Mouse, lambang damai, dan logo MTV. Semuanya adalah ikon budaya pop.

Scott juga menuangkan idenya dalam bentuk puffer jacket, atasan jaring, baju hangat, luaran berbulu-bulu, jaket kulit imitasi, topi, hingga kaus kaki bertuliskan H&Moschino yang diprediksi akan digemari kalangan luas. Rancangannya ini dibuat untuk semua kalangan -- lelaki, perempuan, anak-anak, dan bahkan anjing peliharaan.

Untuk pembuatan lookbook, Scott dibantu oleh fotografer Marcus Mam. Sedangkan untuk kampanye Moschino TV, perancang 43 tahun itu bekerja sama dengan Steven Meisel dan penata busana Carlyne Cerf de Dudzeele.

Dalam Moschino TV, hadir juga para model seperti; Gigi Hadid, Vittoria Ceretti, Rianne Von Rompaey, Stella Maxwell, dan Soo Joo Park.

Sejumlah pengamat menyebut koleksi terbaru Scott kali ini diperuntukkan bagi masyarakat nyata. Esquire berpendapat, Moschino seolah ingin mengajak khalayak untuk mempromosikan perbedaan.

Momen ini juga bisa jadi kesempatan para pecinta mode untuk dapat memiliki sepotong rancangan Scott dengan harga terjangkau versi H&M. Jika biasanya Moschino membanderol koleksinya dengan harga mulai dari jutaan rupiah, kali ini kerja samanya dengan H&M hanya dibalut harga mulai dari US $14,99 atau sekitar Rp228 ribu. Sedangkan busana termahalnya dihargai US $499 atau sekitar Rp7,5 juta.

Koleksi ini dapat Anda beli mulai 8 November 2018 di gerai terpilih H&M yang tersebar di beberapa negara di dunia. Sebelum dengan Moschino; H&M pernah bekerjasama dengan antara lain rumah mode Erdem, Balmain, Karl Lagerfeld, Stella McCartney, dan Comme des Garcons.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR