Olahraga tanpa perhitungan bisa bikin komplikasi

Ilustrasi
Ilustrasi | ninikas /Shutterstock

Baru-baru ini pengalaman berolahraga seorang perempuan menjadi viral di internet. Persoalannya, pesan berantai perempuan asal Wuhan, Tiongkok, itu justru karena air seninya berwarna hitam.

Dikabarkan Sinchew pada 8 September lalu, kemudian diterjemahkan Worldofbuzz, Senin (11/9/2017), perempuan bernama Xiao Lan yang seorang pelajar menemui pengalaman itu untuk menurunkan bobot tubuhnya yang seberat 75 kg.

Praktik itu dilakukan sebelum musim akademik baru dimulai. Lan melakukannya secara dengan olahraga fisik secara intensif di sebuah pusat kebugaran.

Salah satu alat yang digunakannya adalah sepeda status. Namun aktivitas itu dilakukan tanpa bantuan pelatih profesional serta tidak mempertimbangkan kondisi tubuhnya.

Lan menggenjot sepeda statis selama sekitar satu jam dengan pola di atas standar alias ekstrem. Akibatnya Lan merasa nyeri di sekitar selangkangan dan bahkan air seninya berubah menjadi hitam, sewarna kecap asin --demikian Lan mengungkapnya.

Lan pun langsung bergegas menuju rumah sakit untuk mencari tahu apa masalahnya. Ia kemudian menjalani sejumlah tes. Begitu hasil tes keluar, bukan hanya Lan, dokter pun dibuat terkejut oleh hasilnya.

"Alat pembaca enzim otot dan mioglobin untuk orang normal adalah antara 100 dan 200, tapi pada pasien alat itu mencatat angka di atas 20.000!" jelas dokter yang tak diketahui namanya tersebut.

Berdasarkan hasil tes dan pemeriksaan itu, Lan dinyatakan mengidap rhabdomyolysis. Ini adalah kondisi otot mati yang melepaskan serabutnya ke dalam aliran darah.

Lan kebetulan jarang berolahraga. Namun mengayuh sepeda selama satu jam secara ekstrem justru membuat otot-otot tubuhnya kaget dan tak memiliki waktu untuk adaptasi sehingga akhirnya mati.

Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi serius. Misalnya gagal ginjal yang dapat menyebabkan kematian. Atau dalam skala ringan, bisa pula masuk kategori trauma otot.

Adapun soal air seni berwarna hitam, menurut Webmd, bisa berarti ginjal tak mampu lagi membuang racun di dalam air seni. Secara umum, Rhabdomyolysis bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya akibat kecelakaan atau terjatuh dengan hebat.

Saat jatuh atau terkena benturan, otot mendapat tekanan dalam jangka waktu yang relatif lama. Rhabdomyolysis juga bisa terjadi akibat pengaruh obat atau alkohol, setruman listrik atau sambaran petir, luka bakar tingkat tiga, hingga bisa ular.

Meski dapat mendatangkan kematian, penyakit ini masih dapat disembuhkan. Beberapa hal yang akan dilakukan dokter ialah dengan mengisi kembali elektrolit dalam tubuh, membuang racun dalam darah dan urine serta merawat otot yang trauma.

Bagaimana gejala rhabdomyolysis? Biasanya otot di area bahu dan punggung terasa sangat sakit, kaku, dan lemah. Atau jika air seni berwarna cokelat, merah tua, dan bahkan hitam seperti pengalaman Lan.

Gejala rhabdomyolysis memang tak selalu terjadi pada ketiga bagian tubuh di atas seperti halnya Lan. Tidak tertutup bagian lain tubuh juga mendapat gangguan yang dipengaruhi oleh kegiatan ekstrem.

Saat ini Lan dikabarkan sudah berada dalam kondisi yang cukup stabil setelah menjalani rangkaian perawatan untuk mengembalikan kesehatannya.

女孩减肥健身1小时 尿变酱油色血液指标爆表 /Sh
BACA JUGA