CITRA TUBUH

Operasi plastik pusar kini mengetren

Ilustrasi pusar.
Ilustrasi pusar. | Mind and I /Shutterstock

Ahli bedah plastik telah mengamati adanya peningkatan jumlah pasien yang tertarik dengan detail estetika perut yang lebih baik. Pusar adalah bagian tubuh terbaru yang diramalkan akan jadi tren dalam operasi plastik.

"Pusar adalah fitur kosmetik yang sangat penting dari perut. Saya melihat peningkatan minat pasien terhadap estetika pusar," terang Darren Smith, ahli bedah plastik bersertifikat di New York City, kepada Allure.

Hal senada diungkap oleh Dr. Matthew Schulman. Kini, ia melakukan 12 sampai 15 kali prosedur ini setiap bulannya. Di Inggris, permintaan operasi plastik pusar meningkat 12 persen di Amerika Serikat.

Angka ini bahkan lebih tinggi di Inggris, sebanyak 21 persen menyatakan keterarikannya untuk melakukan prosedur ini ketimbang pada tahun 2017. Biasanya orang melakukannya menjelang musim panas, saat mereka menghabiskan lebih banyak waktu mengenakan pakaian renang di pantai.

Prosedur ini secara formal dikenal sebagai umbilicoplasty. Ada berbagai jenis prosedur yang tersedia namun pada dasarnya terbagi dua, operasi pusar karena kebutuhan medis, dan untuk estetika.

Beberapa perempuan menginginkan bentuk pusar yang menonjol keluar, jadi masuk ke dalam. Ada pula yang ingin mengencangkan pusar mereka yang meregang pasca-kehamilan atau karena tindikan.

Beberapa lainnya ingin membuat pusarnya lebih besar, dan beberapa lagi menjadikan redesain bentuk pusar sebagai bagian dari prosedur sedot lemak di perut.

"Sebagian perempuan juga tertarik untuk memulihkan pusar setelah kehamilan, operasi perut, dan setelah penurunan berat badan drastis," kata Melissa Doft, ahli bedah plastik bersertifikat di New York City.

Bicara bentuk pusar ideal, menurut Joseph A. Russo, ahli bedah plastik di AS, pusar yang masuk ke dalam dengan bentuk vertikal sempit dan semacam penutup di bagian atas dianggap yang paling estetis. Sebab, tudung itu menambah kesan pusar terlihat simetris dan alami.

Ahli bedah plastik lainnya, Norman Rowe menambahkan bahwa pusar berbentuk bundar, bukan sempit dan bertudung cenderung akan memperlihatkan bekas luka umbilicoplasty.

Akan tetapi bagi sebagian perempuan, prosedur operasi plastik pusar ini lebih pada soal fungsional ketimbang penampilan. "Dalam kasus yang jarang terjadi, hernia umbilikal sebenarnya bisa menyakitkan dan menyebabkan masalah fungsional," jelas Smith.

Untuk mengurangi ukuran pusar, ahli bedah akan menghilangkan kulit berlebih lalu mengencangkan kulit yang mengelilingi pusar Anda. Sementara untuk memperbesar ukurannya, ahli bedah akan menghilangkan sebagian kulit lalu meregangkan jaringan pusar.

Jenis bedah ini sangat populer untuk orang-orang yang pusarnya telah meregang karena hamil atau ditindik.

Sementara perbaikan hernia umbilical adalah nama prosedur yang akan mengubah penampilan pusar dari menonjol keluar, jadi ke dalam. Kadang, prosedur ini direkomendasikan untuk orang-orang yang awalnya memiliki pusar bodong dan membencinya, tapi prosedur ini lebih umum digunakan pada orang-orang yang sebelumnya memiliki pusar masuk ke dalam namun keluar karena 'hernia'.

Pusar seseorang yang masuk ke dalam bisa jadi bodong akibat kehamilan, dan ini bisa menyakitkan. Dalam kasus ini, maka operasi pusar dilakukan untuk alasan medis dan bukan kosmetik.

Prosedur operasi pusar ini cukup sederhana. Pada proses pengerjaan pasien akan diberi anestesi umum. Ahli bedah membuat potongan kecil sekitar tiga sentimeter di dasar pusar, lalu mendorong benjolan lemak kembali ke abdomen perut.

Dokter bedah kemudian memperkuat dinding perut yang memungkinkan hernia keluar dengan menjahit lapisan otot, atau menggunakan patch khusus.

Menurut Russo, prosedur ini memakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit. Pasien tak akan merasakan sakit yang berlebihan.

Pasalnya, ini bisa dibilang sekadar operasi kulit. Dokter bedah tidak sampai masuk ke dalam perut.

Waktu pemulihan pasca operasi juga bisa dibilang minimal. Menurut Russo pasiennya sudah bisa berolahraga lagi dua sampai tiga minggu setelah operasi.

Seperti halnya semua operasi, ada risiko infeksi dan jaringan parut, jadi perlu dipertimbangkan dengan tidak tergesa-gesa. Soal biaya, prosedur ini memakan biaya sekitar 1.000 Dolar AS.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR