Orisaguna, penjual roti yang jadi model

Olajumoke Orisaguna bersama seorang bayi dalam pelukan.
Olajumoke Orisaguna bersama seorang bayi dalam pelukan. | Ty Bello

Keberuntungan memang bisa datang kepada siapa pun di saat yang tepat. Inilah rupanya yang terjadi pada Olajumoke Orisaguna, seorang wanita penjual roti keliling di Lagos, Nigeria.

Kisah keberuntungan Orisaguna berawal beberapa pekan lalu. Saat itu Ty Bello, seorang fotografer sedang memotret Tinie Tempah, penyanyi rap asal Inggris di Lagos.

Saat itulah Orisaguna yang tengah menyunggi bungkusan roti di atas kepalanya kebetulan lewat. Sebenarnya, awalnya Orisaguna adalah photobomb pada sesi pemotretan Tempah. Saat itu Orisaguna kebingungan.

"Beberapa orang menyuruhnya berjalan cepat dari lokasi, yang lain memintanya untuk diam di tempat. Dia jadi bingung. Saya lantas bertanya kepadanya apakah boleh mengambil fotonya dan dia bilang ya," terang TY Bello.

Kemudian sosok Orisaguna dipotret oleh Bello dalam satu frame bersama Tempah. Dan, ketika foto tersebut diposting di Instagram, reaksi para netizen mengejutkan. Mereka malah berfikir bahwa Olajumoke adalah model sungguhan.

Setelah itu, Bello berusaha melacak keberadaan Orisaguna. Bello menemukan jika wanita yang dicarinya adalah seorang ibu dari dua anak. Orisaguna menjalani kehidupan yang sulit dan keras.

Orisaguna merantau ke Lagos dari desanya yang terpencil karena penghasilannya yang kecil. Di Lagos, dia memboyong anaknya yang berusia 14 bulan dan meninggalkan suami bersama anaknya yang berusia lima tahun di desa.

Setelah bertemu Bello, Orisaguna kini telah menandatangani kontrak dengan agensi Few Models dan dalam waktu dekat wajahnya akan menghiasi billboard di berbagai pelosok Nigeria.

"Saya tidak pernah menyangka ini akan terjadi kepada saya," ujar Orisaguna. Dia menceritakan bahwa teman-temannya melihat wajahnya di televisi. Orang tuanya bahkan tak percaya bahwa anak mereka bisa menjadi begitu sukses.

Sebelum berprofesi sebagai model, Orisaguna adalah perempuan biasa dari Negara Bagian Osun, Nigeria. Dia meninggalkan suami dan dua anaknya untuk mencari nafkah dengan berjualan roti di Lagos. Perempuan yang dulu berprofesi sebagai penata rambut itu bekerja mulai pukul 14.30 hingga 23.00. Setiap hari dia hanya menghasilkan kurang dari USD20 (Rp270 ribu) dengan keuntungan sekitar USD1 (Rp13.500).

A photo posted by TY Bello (@tybello) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR