TIP KECANTIKAN

Pelihara tanaman hias untuk kecantikan kulit

Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan
Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan | Photographee.eu /Shutterstock

Menjaga kecantikan tak selalu sulit dan membutuhkan dana besar, Anda bisa melakukannya dengan hanya memelihara tanaman dalam rumah.

Berdasarkan studi teranyar hasil kolaborasi antara The Royal Horticultural Society (RHS), Reading University, dan mahasiswa S3 bernama Curtis Gubb, ada beberapa jenis tanaman yang melahirkan manfaat baik untuk kecantikan kulit Anda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman hias berkhasiat untuk meredakan gejala kulit kering yang biasa terjadi kala musim dingin atau hujan.

Efek panas dari proses transpirasi tanaman, kata peneliti, meningkatkan kadar lembap kulit manusia.

Sebab, pada proses transpirasi, tanaman memproduksi air yang dialirkan lewat daun. Proses ini, ketika terjadi pada tanaman hias meningkatkan hawa lembap dalam ruangan. Hal yang demikian memberikan keuntungan untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Dr Tijana Blanusa, Chief Horticultural di RHS, mengatakan pada The Telegraph, cara paling sederhana dan terjangkau untuk mengurangi udara panas dalam ruangan adalah memelihara tanaman hias.

“Ternyata, kami pun menemukan, tanaman dalam ruang bisa meringankan gejala kulit kering. Selain itu, tanaman hias juga memberikan efek baik lainnya untuk kesehatan fisik dan mental manusia,” terang Dr Blanusa.

Tingkat kelembapan yang tinggi, menurut hasil penelitian, mengurangi potensi kulit kering.

Peneliti juga membeberkan, udara ruangan yang terdistribusi dengan baik dan lembap dalam takaran ideal, tidak mampu menyebarkan virus flu atau pilek.

Menurut peneliti, jenis tanaman hias yang menguntungkan kecantikan kulit adalah yang mudah bertranspirasi dan membutuhkan banyak air.

“Tergantung pada jenis tanaman, ukuran, dan kondisi dalam ruangan. Tanaman bisa kehilangan ratusan mili air per meter persegi dari luas daun,” imbuhnya.

Penelitian mempelajari tujuh varietas tanaman hias yang populer dengan perbedaan struktur dan fungsi fisiologis masing-masing.

Kemudian, peneliti menemukan, tanaman terbaik dengan tingkat kelembapan tinggi adalah bunga peace lily.

Jenis tanaman bunga tersebut, sebut Dr Blanusa, mampu menguap setara dengan “cangkir kecil” setiap hari.

“Bunga ivy, menurut penelitian, juga bagus,” jelasnya.

Selain dua jenis tanaman ini, peneliti menuliskan, masih banyak tanaman lain yang secara langsung membantu kulit menjadi lembap dan mencegah dehidrasi.

Dalam penelitian yang sama, para peneliti juga mengungkapkan manfaat lain dari memelihara tanaman dalam ruangan, seperti misalnya, membersihkan udara agar siapapun yang berada di dalamnya terbebas dari alergi atau mengalami bersin-bersin.

“Informasi tambahannya, tanaman bisa menangkap debu dan partikel dalam ruangan. Jadi, saya menganjurkan, Anda yang memiliki rumah dengan ruangan yang luas, sebaiknya banyak meletakkan tanaman hias,” urainya.

Sejumlah senyawa kimia seperti yang ditemukan dalam cat dinding, perabotan, dan efek gas untuk memasak, dapat hilang dengan serapan tanaman hias.

Namun, para ahli menambahkan, penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Air Quality, Atmosphere and Health masih membutuhkan ulasan dan eksperimen lebih mendalam.

Tujuannya untuk mengetahui jumlah ideal tanaman yang dibutuhkan dalam sebuah ruangan untuk membuat udara di sekitarnya menjadi lebih bersih.

Pada studi lain, Sue Parkinson, seorang psikolog, merekomendasikan terapi tanaman hias sebagai alternatif memperbaiki kesehatan mental.

Melakukan perawatan dan memelihara tanaman agar tetap hidup dan tumbuh indah, kata Parkison, terbukti meredakan stres, menenangkan pikiran, dan menjadikan level emosional lebih stabil.

“Memelihara tanaman terbukti berkontribusi pada kesejahteraan mental seseorang,” pungkas Dr Natasha Biljani, seorang psikiater di Priory Hospital Roehampton,

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR