Pentingnya menyisihkan waktu luang agar tetap waras

Menghabiskan waktu luang di kamar tidur.
Menghabiskan waktu luang di kamar tidur. | Alena Ozerova /Shutterstock

Padatnya aktivitas kadang membuat orang lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Padahal waktu luang adalah kebutuhan agar diri Anda tetap waras, segar, bebas stres, dan bersemangat.

Menyisihkan waktu untuk diri sendiri setiap hari benar-benar perlu dilakukan demi kesejahteraan. Jadwalkan sedikit waktu untuk bersantai dan jadikanlah sebagai prioritas.

Di sisi lain, konselor dan ahli hubungan, David Bennett, mengatakan bahwa agak sulit menentukan berapa banyak waktu yang dibutuhkan karena tergantung pada masing-masing orang dan gaya hidupnya.

Namun, kata David, Anda mungkin harus memberi waktu lebih banyak untuk diri sendiri. Waktu luang merupakan hal penting, apalagi jika sedang merasa sebagian hidup di bawah kendali orang lain, misalnya dalam pekerjaan.

Anda memang harus tetap bertanggung jawab atas segala kewajiban, tetapi kata psikolog Jamie Gruman, waktu luang perlu dilakukan untuk diri sendiri.

Kata Jamie, bahkan hanya lima menit meditasi saja dapat membantu Anda mengisi ulang energi. Pilihan lain misalnya berjalan kaki sepuluh menit di taman atau membaca buku selama 15 menit.

Saran David adalah mencoba kegiatan seperti olahraga, berkumpul dengan teman-teman, menjadi sukarelawan, tidur, atau menonton film. Lakukan uji coba pada berbagai kegiatan sampai menemukan yang paling cocok.

"Memiliki waktu luang untuk diri sendiri adalah hal penting karena memungkinkan Anda untuk mengisi ulang energi," kata psikoterapis Jessica Marchena. "Ini memberi orang waktu untuk menjernihkan pikiran, bersantai, dan fokus pada diri sendiri."

Menurut penelitian dalam Annals of Behavioral Medicine menemukan bahwa aktivitas pada waktu senggang dapat membebaskan stres, menurunkan tekanan darah, serta baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Untuk jumlah waktu, perlu mencoba beberapa kali hingga menemukan rumus tepat sampai merasa kembali segar.

Paling penting adalah memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan yang membuat Anda merasa bebas dan rileks.

Merasa terlalu sibuk dengan kegiatan setiap hari? Cara untuk mendapatkan waktu senggang adalah membuat jadwal, misal sepuluh menit setiap pukul tiga sore, kemudian tambahkan hingga beberapa jam, hingga bisa mencari waktu untuk sehari penuh.

Menurut pelatih kesehatan perilaku, Gabrielle Loehr, cara hebat untuk menghemat banyak waktu adalah menghabiskan lebih sedikit waktu di Facebook dan media sosial lain.

"Ada banyak situs media sosial, jadi pilih dua atau tiga yang disukai dan gunakan paling banyak, kemudian periksa profil lain sesekali. Untuk menggunakan media sosial, batasi waktu kumulatif menjadi satu atau dua jam sehari."

Apakah Anda benar-benar butuh waktu luang? Ya. Terutama bila akhir-akhir ini sering cemas memikirkan begitu banyak hal yang harus dikerjakan tetapi tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya.

Jika khawatir tentang jadwal kegiatan atau berharap memiliki lebih banyak waktu lebih dari tiga kali sehari, Anda perlu istirahat. Hapus satu hal dari jadwal yang paling tidak penting, kemudian manfaatkan untuk bersantai.

Anda juga layak mendapatkan waktu senggang bila akhir-akhir ini sering makan sambil bekerja dan terburu-buru. Ini adalah tanda kalau Anda terlalu sibuk. Menikmati makanan dengan santai adalah salah satu kesenangan terbesar dalam hidup.

Cobalah menjadikan waktu makan sebagai momen istirahat. Praktikkan makan dengan penuh kesadaran. Rasakan setiap suap dan nikmati aroma serta tekstur makanan.

Jika biasanya terburu-buru makan siang di meja kerja, cobalah sesekali keluar dan nikmati makan siang dengan rekan kerja atau teman.

Tanda lain bahwa Anda butuh waktu luang bila sudah lama tidak pernah berbincang santai dengan orang lain, selain pembicaraan pekerjaan.

Tuliskan sepuluh orang terdekat paling penting dan sudah berapa lama tidak saling bicara. Seberapa sering Anda berharap bisa bicara dengan orang tersebut? Kemudian, jadwalkan pertemuan.

Hal sederhana seperti meluangkan waktu untuk diri sendiri terlihat sepele sampai orang sering melupakannya. Padahal, banyak manfaatnya untuk diri sendiri bila mulai melakukannya secara rutin.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR