Penyakit kritis yang meningkat di Indonesia

Ilustrasi penyakit kritis yang meningkat di Indonesia
Ilustrasi penyakit kritis yang meningkat di Indonesia | /Shutterstock

Menurut laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018), risiko masyarakat Indonesia terserang penyakit kritis semakin meningkat. Hal ini terlihat dari meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular dalam laporan tersebut.

Kenaikan prevalensi penyakit tidak menular ini berhubungan erat dengan pola hidup masyarakat, seperti kurang olah raga, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, serta kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Laporan tersebut mencatat empat penyakit kritis yang meningkat dibandingkan laporan serupa pada periode sebelumnya. Apa saja penyakit tersebut?

Hipertensi

Hipertensi menjadi salah satu penyakit kritis yang meningkat cukup tinggi dibandingkan periode sebelumnya, yakni dari 25,8 persen menjadi 34,1 persen.

Hipertensi biasa disebut penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah merupakan kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu dan dipengaruhi oleh aktivitas yang sedang dilakukan.

Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi memiliki tekanan darah mencapai 140/90 mmHG atau lebih. Hal ini perlu diwaspadai karena tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan pecahnya pembuluh darah.

Stroke

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Riskesdas 2018 melaporkan adanya kenaikan prevalensi stroke dari 7 persen menjadi 10,9 persen.

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah menuju otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa darah yang cukup, otak akan kekurangan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

Ginjal

Selain hipertensi dan stroke, penyakit ginjal kronis merupakan salah satu penyakit kritis yang jumlah kasusnya terus meningkat. Naik dari 2 persen pada periode sebelumnya menjadi 3,8 persen pada 2018.

Penyakit ginjal kronis atau disebut juga gagal ginjal kronis merupakan kondisi saat fungsi ginjal menurun atau gagal menjalankan tugasnya. Fungsi utama ginjal adalah menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urin. Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urin.

Gagal ginjal kronis dapat memicu sejumlah komplikasi, antara lain hiperkalemia atau kenaikan kadar kalium yang tinggi dalam darah, penyakit jantung, anemia, hingga kerusakan sistem saraf pusat.

Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan dengan angka kematian mencapai 10 juta jiwa per tahun. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel di dalam tubuh yang tidak terkontrol. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini awalnya terjadi di bagian tubuh tertentu dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain hingga menyebabkan kematian.

Riskesdas 2018 melaporkan adanya kenaikan prevalensi penyakit ini dari 1,4 persen menjadi 1,8 persen, yang harus diwaspadai masyarakat Indonesia. Kasus serangan kanker yang paling sering terjadi dan menyebabkan kematian di negara kita adalah kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru. Meski lebih sering menyerang wanita, namun para pria juga memiliki risiko terserang kanker, misalnya kanker paru, kanker usus, dan kanker prostat.

Risiko penyakit kritis yang terus mengintai kesehatan dapat diminimalkan dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti rajin olah raga, membentuk pola makan sehat, konsumsi buah dan sayur yang cukup, serta mengurangi rokok dan minuman alkohol.

Selain itu, Anda dapat melindungi diri dengan asuransi jiwa dari perusahaan asuransi terpercaya. Tambahkan rider (manfaat tambahan) berupa perlindungan terhadap penyakit kritis (critical illness), sehingga dapat mengurangi beban finansial saat kita sakit kritis.

Ayo, sayangi diri Anda dan keluarga dengan memberikan perlindungan yang layak untuk memberikan rasa aman bagi seluruh anggota keluarga.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR