Penyebab sakit saat liburan

Sakit saat liburan
Sakit saat liburan | Leungchopan /Shutterstock

Umumnya, orang merasa bersemangat bila akan bepergian atau liburan. Namun, tak jarang juga yang semangatnya memudar saat hari liburan tiba.

Beberapa orang bahkan sering sakit selama liburan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut penelitian dalam jurnal Psychotherapy and Psychosomatics, fenomena ini disebut leisure sickness.

Perubahan

Salah satu penyebab mengapa orang sakit saat liburan karena tubuh sulit menerima perubahan.

Kata Howard Tinsley, profesor emeritus psikologi di Southern Illinois University, membawa diri kita keluar dari rutinitas normal dapat menyebabkan stres.

"Semua hal yang sesuai dengan rutinitas harian kita terganggu ketika kita berlibur," ucap Tinsley. "Kita mungkin tidur lebih malam, bangun lebih awal, makan secara berbeda, lalu mungkin melakukan hal-hal berbeda yang membuat stres dan tidak bisa kita tangani."

Heidi Hanna, direktur eksekutif American Institute of Stress, menyarankan ketika Anda melakukan perjalanan, pastikan untuk tidak mengadopsi gaya hidup yang sama sekali berbeda.

Jika biasanya tidak makan makanan mengandung gluten, gula, atau makanan berminyak, tetaplah konsisten. Begitu juga dengan kebiasaan olahraga sehari-hari.

Stres akibat perubahan dapat meningkatkan produksi kortisol mengarah pada melemahnya dari sistem kekebalan tubuh.

Beberapa kegiatan mudah yang dapat Anda lakukan saat berlibur untuk menurunkan kadar kortisol Anda termasuk berolahraga, bermeditasi, mendengarkan musik favorit, dan kegiatan santai lain.

Terlalu kaku

Memperlakukan liburan seperti pekerjaan pun bisa membuat Anda sakit. Terlalu banyak perencanaan sebagai hal wajib dilakukan saat berlibur dapat mengubah waktu luang menjadi pekerjaan

Anda boleh membuat perencanaan selama berlibur, tetapi pastikan untuk tetap fleksibel. Jika Anda ingin tetap di satu aktivitas lebih lama dan itu berarti tidak membuatnya ke hal lain, tidak apa-apa.

"Sangat penting untuk mempertahankan rasa kebebasan memilih," imbuhnya.

Terkadang liburan menjadi perburuan tempat mencari pengalaman. Namun, beberapa orang sibuk dengan mengumpulkan banyak pengalaman, tetapi lupa menikmati momen liburan.

Daripada sibuk pergi ke banyak tempat demi banyaknya cerita yang bisa Anda bagikan setelah liburan, sebaiknya pilih lebih sedikit tempat bernilai tinggi untuk diri sendiri. Ini akan memberikan Anda pengalaman sesungguhnya yang berkesan.

Perjalanan

Penyebab lain mengapa Anda sakit adalah perjalanan. Pesawat terbang terkenal sebagai tempat berkembang biak kuman yang bisa membuat Anda sakit, belum lagi ruang tunggu dengan kelembapan rendah, serta tekanan rendah di atas pesawat adalah perpaduan sempurna bagi penyakit.

Agar tetap sehat selama perjalanan, bawalah tisu desinfektan Anda sendiri, cuci tangan sesering mungkin, dan tetap terhidrasi.

Jika melakukan penerbangan jarak jauh, Anda berisiko alami jet lag. Saat Anda bepergian, ritme sirkadian berubah akibat zona waktu Semakin jauh Anda pergi. semakin Anda akan merasakannya.

Gejala jet lag termasuk pola tidur terganggu, perubahan suasana hati, masalah perut seperti sembelit atau diare, dan perasaan tidak enak badan secara umum.

Tetap sehat selama liburan

Salah satu cara menjaga kesehatan mudah dilakukan selama liburan adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi dan makanlah dengan bijak.

Anda mungkin ingin mencoba berbagai jenis makanan khas daerah tujuan wisata, tetapi pastikan ada banyak menu sehat yang dimakan sehari-hari.

Setelah lelah beraktivitas, Anda bisa mandi air hangat agak lama atau berendam agar tubuh lebih rileks. Cara ini akan membuat diri Anda bebas stres dan tegang selama liburan.

Bila Anda sakit, tak perlu takut untuk mengunjungi apotek lokal, terutama bila tidak membawa obat-obatan pribadi. Sebaiknya berikan waktu untuk beristirahat sejenak dan tidak terobsesi dengan rencana yang sibuk.

Selama masih kurang sehat, Anda bisa mengatur ulang rencana dengan kongko santai di kedai kopi, menonton pertunjukan lokal, tau hanya bersantai di pantai atau di tepi kolam renang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR