MODE

Perancang busana lokal yang mendunia

Ilustrasi: Penampilan Gwen Stefani dengan gaun yang gemerlap.
Ilustrasi: Penampilan Gwen Stefani dengan gaun yang gemerlap. | JStone /Shutterstock

Ada yang menarik perhatian dari tampilan putri Khloe Kardashian, True Thompson, ketika menghadiri perayaan Natal di rumah Kim Kardashian.

Memakai turban berwarna putih dengan taburan kristal membuat gaya True yang berusia delapan bulan ini tampak menggemaskan.

Ternyata, turban yang dipakai True adalah hasil karya desainer aksesori, Rinaldy Yunardi.

Dinukil Fimela.com, ini adalah pertama kali Rinaldy membuat turban.

"Ini pertama kalinya aku bikin turban dan pesanan khusus untuk bayi Khloe Kardashian," ujar Rinaldy.

Karya-karya Rinaldy, yang memulai karir sebagai desainer aksesori sejak 1996 ini memang sudah terkenal di dalam negeri hingga mancanegara.

Koleksi Rinaldy selama ini telah menghiasi penampilan penyanyi-penyanyi dunia seperti Janet Jackson, Katy Perry, Mariah Carey, Nicki Minaj, Taylof Swift, Beyonce, Lady Gaga, hingga Madonna.

Rinaldy juga telah menyabet tiga penghargaan sekaligus, yakni Encapsulate, Cosmos, dan Supreme di ajang World of Wearable Art Award 2017 di Selandia Baru pada 22 September 2017 lalu.

Selain turban, gaun Natal serba putih True yang terinspirasi dengan keindahan salju tersebut juga hasil karya desainer lokal, yakni Monica Ivena.

Monica merupakan desainer muda yang juga memikat hati selebriti dunia, termasuk keluarga Kardashian.

Busana gaya crop-top lengan panjang yang dihiasi detail kristal dan rok tulle membentuk ekor yang menyapu lantai dirancang Monika sesuai pesanan Khloe.

Diceritakan Monika, dirinya membutuhkan 10 hari untuk membuat desain gaun yang terbut dari tulle terebut.

"Desain ini dibuat khusus untuk Khloe dan anaknya, True. Aku diminta untuk membuat sketsa beberapa gambar. Lalu, yang dipilih sketsa tersebut," katanya dikutip CNNIndonesia.com.

Lalu, dalam akun Instagram, dirinya mengaku mendapat kehormatan merancang gaun natal untuk Khloe Kardashian dan True.

Tidak hanya True dan Khloe, sebelumnya rancangan desainer yang dikenal sebagai perancang gaun pengantin ini juga telah dikenakan oleh selebriti internasional lainnya seperti Tracee Ellis Ross, Amei, Clara Lee, dan Guan Xiaotong, telah mengenakan karyanya di dalam dan di luar karpet merah.

Bahkan, pada 2 Juni lalu, Monika berhasil menunjukkan karyanya di perhelatan Star Fashion Week Shanghai.

Dengan mengusung tema peragaan yaitu Starbie, Monica berhasil memikat perhatian pemerhati mode dengan koleksi busana yang berjiwa feminin, riang, cantik ala Barbie.

Tak ketinggalan sosialita Jamie Chua tampil dengan balutan gaun panjang berhias mutiara karya Monika pada Gala At The Oscars Ball Styling, November lalu.

Selain mereka, masih ada tiga desainer Indonesia lainnya yang juga sukses dalam lingkup mancanegara, yaitu:

Mety Choa

Desainer lokal yang juga membanggakan lainnya adalah Mety Choa.

Salah satu koleksinya dikenakan oleh Gwen Stefani pada pergelaran Maison Met's Calla dari koleksi S/S2018 Arcadia untuk acara A Home 4 fot the Holidays 20th Anniversary yang dipandu LL Cool J.

Mety mengatakan, dalam sebuah pernyataan bahwa butuh sekitar dua bulan untuk membuat desain untuk Stefani. "Saya merasa luar biasa dan bersyukur dipilih untuk mendandani Gwen Stefani karena dia adalah penyanyi yang berbakat dan sangat cantik," kata Mety.

Kreasi Mety sebelumnya juga pernah terlihat di karpet merah pada selebritas internasional lainnya, dari Kat Graham, Janice Man, hingga Gigi Hadid.

Maison Met, yang spesialisasi dalam gaun pengantin, gaun malam, dan gaun koktail yang dibuat khusus, secara resmi memulai debutnya di Couture Fashion Week ke-25 New York pada tahun 2017.

Diana Putri

Ariana Grana, tampil memukau dengan two-piece minidress serba emas rancangannya di panggung MTV Video Music Awards (VMA) 2018. Busana yang ditampilkan Ariana tidak lepas dari hasil kerja keras Diana Putri, desainer asal Surabaya, Jawa Timur.

Diana mengatakan, gaun tersebut memang dibuat khusus untuk pelantun 'Thank U, Next' ini. Proses pembuatan gaun tersebut menelan waktu selama lima hari sampai-sampai dia hanya tidur selama empat jam per hari.

"Tapi saya senang banget, bersyukur banget gaunnya dipakai Ariana di ajang yang paling bergengsi," kata Diana.

Pada bulan Oktober, giliran Nicki Minaj yang memakai karya Diana untuk video klip 'Goodbye'.

Sebastian Gunawan

Nama Seba alias Sebastian Gunawan memang sudah tidak asing lagi bagi pecinta mode di Indonesia. Beberapa kali Seba pun berhasil merancang gaun untuk para bintang internasional, antara lain bintang film Transformer 4: Age of Extinction, Victoria Summers, bintang film Kick-Ass 2 dan Hart of Dixie, Claudia Lee, bintang lawas Alyssa Milano, dan juga pembawa acara Fashion Police edisi spesial Oscar Giuliana Rancic.

Selain itu, aktris Nicole Muirbrook Sheridan pernah mengenakan koleksi Seba untuk pemutaran perdana film Wind River di Cannes Film Festival.

Kesha Rose Sebert atau Kesha terlihat memakai gaun dari koleksi adibusana Seba ketika manggung pada acara Elton John: I'm Still Standing - A Grammy Salute di The Theater Grammy Awards.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR