TIP KECANTIKAN

Perawatan untuk atasi dagu berlipat

Dagu berlipat
Dagu berlipat | Geinz Angelina /Shutterstock

Dagu berlipat (double chin), juga dikenal dengan istilah dagu ganda yang merupakan kondisi umum karena adanya lapisan lemak terbentuk di bawah dagu Anda.

Penyebabnya tak hanya peningkatan berat badan, tetapi termasuk genetika dan kulit lebih kendur akibat penuaan.

Bagi beberapa orang, dagu berlipat ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan dan membuat seseorang jadi kurang percaya diri.

Bila Anda ingin menghilangkan dagu berlipat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari metode alami hingga tindakan medis.

Masker

Anda bisa membuat masker dari putih telur, susu, madu, dan perasan lemon. Oleskan campuran ini ke seluruh rahang dan dekat leher. Lalu, diamkan selama 30 menit. Lakukan ini sekali sehari. Efeknya adalah pengencangan kulit dan dapat mengurangi dagu berlipat.

Pijat

Pilihan lain ialah pijat. Anda bisa memijat kulit di bawah dagu Anda secara langsung atau menggunakan minyak. Gerakan memijat dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahang dan membantu Anda menyingkirkan semua timbunan lemak berlebih.

Vitamin E

Jangan lupa konsumsi vitamin E yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan karena tinggi antioksidan. Cara ini akan melindungi kulit dari kerusakan dan membuatnya lembab serta kencang. Penggunaan minyak vitamin E secara teratur dapat mengurangi dagu berlipat.

Diet

Jika dagu berlipat Anda disebabkan oleh penambahan berat badan, cobalah mengubah pola makan dengan tujuan menurunkan berat badan, termasuk menghindari makanan olahan, makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan gula.

Saran lain ialah mengurangi porsi makanan, hindari makanan digoreng, dan lebih meningkatkan asupan buah serta sayuran, makanan tinggi protein dan lemak sehat, seperti kacang dan avokad.

Mengunyah permen karet

Cara mudah lain yang bisa dilakukan adalah mengunyah permen karet. Aktivitas mengunyah merupakan olahraga ringan untuk membantu membakar semua kelebihan lemak di wajah dan dagu.

Olahraga

Untuk olahraga lain, ada beberapa pilihan membantu mengencangkan otot leher dan memecah lapisan lemak.

Salah satu gerakannya adalah membuka lebar mulut lebar-lebar dan arahkan lidah ke dalam sejauh yang Anda bisa sampai terasa otot-otot di leher, dagu, dan rahang mengencang.

Mengatasi masalah dagu berlipat dengan cara alami tentu membutuhkan waktu lebih lama. Anda akan butuh kesabaran ekstra. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter demi mendapatkan program diet tepat.

Namun, bila Anda tidak cukup sabar dan ingin mendapatkan hasil instan, bisa mencoba tindakan medis seperti berikut.

Lipolisis

Perawatan medis yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah lipolisis atau liposculpture. Tindakan ini menggunakan liposuction atau panas dari laser untuk mencairkan lemak dan kontur kulit.

Lipolisis hanya mengobati lemak dan tidak menghilangkan kulit berlebih atau meningkatkan elastisitas kulit. Efek sampingnya ialah pembengkakan, memar, dan nyeri.

Mesotherapy

Selain itu, Anda bisa coba mesotherapy, prosedur minimal invasif dengan memberikan sejumlah kecil senyawa pelarutan lemak melalui serangkaian suntikan.

Proses ini bisa memakan waktu hingga enam bulan dan mungkin memerlukan lebih dari 100 suntikan pada beberapa orang.

Pada tahun 2015, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyetujui asam deoxycholic, obat suntik untuk mesotherapy yang bisa membantu tubuh menyerap lemak.

Namun, tetap saja tindakan ini memiliki efek samping, seperti pembengkakan, memar, rasa sakit, dan kemerahan. Jika terjadi kesalahan, bahkan dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Kybella

Kybella merupakan perawatan untuk mengurangi bagian bawah rahang bagi pemilik lemak sedang hingga berat di bawah dagu.

Perawatan ini tidak melibatkan pisau bedah, hanya suntikan. Namun, dibutuhkan cukup banyak suntikan untuk menghilangkan lemak di bawah dagu.

Menurut FDA, pasien mungkin menerima hingga 50 suntikan dalam satu perawatan.

Ada pun efek samping dari kybella adalah bengkak, memar, nyeri, mati rasa, kemerahan, gatal, kesemutan atau sensasi terbakar, cedera saraf, hingga tekanan darah tinggi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR