FINANSIAL

Pertimbangan penting sebelum membeli mobil

MITRA: smart-money.co
Membeli mobil
Membeli mobil | Rawpixel.com /Shutterstock

Membeli mobil pertama bisa menjadi pengalaman yang mengintimidasi. Hal ini terutama karena tawaran-tawaran yang membabi buta dari pemasar mobil. Mereka seolah menawarkan produk dengan harga dan skema pembelian terbaik.

Firma perencana keuangan Credit.com pun memberi beberapa hal yang harus Anda pahami dan ketahui sebelum membeli mobil seperti dikutip USA Today.

Membandingkan beberapa skema pembelian

Sebelum membeli mobil, bandingkan beberapa jenis mobil dengan merek, pembayaran uang muka (DP) dan cicilan perbankan. Selain itu, pertimbangkan pula untuk mendapat bantuan pembiayaan dari beberapa investor melalui peer to peer lending (P2P).

Cek BI Checking

Sebelum mengajukan kredit, cek BI Checking. Untuk apa? Bila skor kredit buruk, Anda akan terkena bunga lebih tinggi. Kamu bisa mengecek BI Checking melalui laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau meminta petugas perbankan melakukannya.

Keliling diler dan melakukan perbandingan harga

Cara konservatif ini juga bisa Anda lakukan. Selain mencari informasi umum melalui internet, Anda bisa mendatangi beberapa diler untuk mencoba langsung beberapa merek mobil yang sesuai anggaran yang Anda miliki.

Bandingkan pelayanan untuk melakukan fasilitas tukar tambah

"Jangan ragu menanyakan fasilitas tukar tambah. Beberapa diler kadang memberi fasilitas tambahan seperti harga yang lebih murah atau asuransi," saran Credit.com.

Lakukan uji Kendara

Agar lebih yakin mengenai performa mobil yang akan Anda beli, lakukan test drive. Bila beberapa diler sedang mengadakan pameran, Anda bisa membandingkan langsung beberapa merek mobil sekaligus.

Lihat rekam jejak mobil

Sebelum pergi ke diler, lihat rekam jejak mobil incaran di internet. Lihat dan baca ulasan mengenai merek dan jenis mobil tersebut. Hal ini lebih penting dilakukan khususnya bila Anda ingin membeli mobil bekas.

Mencari rekam jejak perbaikan

Langkah ini penting apakah mobil yang ingin Anda beli bisa diandalkan. Anda bisa cek kualitas mobil lewat forum internet. Sebab, ulasan yang ditulis di sana biasanya lebih objektif. Anda juga bisa melihat sejauh mana kerusakan dan perbaikan yang pernah dilakukan.

Paham hak sebagai konsumen

Bila Anda membeli mobil baru, Anda harus paham garansi. Pada kondisi apa perbaikan bisa dilakukan? Atau pada kondisi apa mobil bisa diganti baru? Pahami juga asuransi yang otomatis sudah Anda dapat (bundling). Anda juga harus mengetahui hukum yang berlaku terkait kepemilikan mobil.

MITRA: smart-money.co
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR