FINANSIAL

Pertimbangan sebelum memilih asuransi

MITRA: smart-money.co
Asuransi
Asuransi | thirawatana phaisalratana /Shutterstock

Peran asuransi memang penting sebagai bantalan bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Asuransi pun ada yang dari pemerintah, ada pula yang sifatnya tambahan dari swasta. Bila Anda berencana mencari asuransi tambahan, ketahui panduannya.

Sebelum memutuskan menjadi nasabah asuransi swasta, perencana keuangan Prita Ghozie memberi tujuh pertimbangan seperti dikutip dalam laman resminya.

Kerja sama asuransi dan rumah sakit

Tak semua rumah sakit menerima klaim asuransi swasta. Maka, tanyakan pada pihak administrasi rumah sakit langganan terkait rekanan asuransi ini. Sebab, bila bukan, asuransi tidak bisa digunakan.

Selain itu, Anda akan kesulitan bila terjadi sesuatu karena rumah sakit yang baru tidak memiliki rekam kesehatan yang Anda miliki untuk memudahkan dan mempercepat diagnosa.

Pilihan kelas asuransi

"Kelas asuransi diperlukan agar sesuai keinginan dan kemampuan bayar," saran Prita. Bila Anda hanya membayar untuk kamar kelas satu namun ingin rawat di VIP, pastikan prosedurnya seperti apa agar tahu risikonya. Jadi, bijaklah dalam menentukan jenisnya.

Biaya dokter tiap kunjungan

Prita juga menyarankan, perhatikan biaya dokter saat rawat inap. Biaya dokter bisa berbeda tergantung paket asuransi. Bila tarif dokter per kunjungan adalah Rp250 ribu sementara paket asuransi yang dipilih Rp150 ribu, Anda akan membayar sisa tagihan.

Sebaliknya, bila paket asuransi memiliki tarif lebih rendah, kelebihan bayar tidak akan dikembalikan. Namun setidaknya Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Paket operasi bedah

Pada tiap asuransi kesehatan,Anda dihadapkan pada pilihan paket operasi, ada operasi bedah minor, menengah dan besar. Besarnya bervariasi tergantung besar premi. Bila merasa butuh operasi besar, sesuaikan premi dengan pilihan paket yang Anda inginkan.

Penyakit kritis

Bila masih berusia 20-30 tahun, klausul penambahan premi untuk penanganan penyakit kritis mungkin tidak perlu. Kecuali, ada riwayat penyakit kritis dalam keluarga atau risiko pekerjaan yang tinggi.

Fasilitas tunai

Ada beberapa asuransi swasta memberi fasilitas tunai pada nasabah. Uang ini penting untuk keluarga yang menunggu selama tertanggung dirawat di rumah sakit. Jadi, tidak hanya biaya perawatan rumah sakit yang ditanggung perusahaan asuransi.

Pertimbangkan unitlink

Tidak semua unitlink buruk. Unitlink biasanya menguntungkan untuk mereka yang berusia di atas 40 tahun agar premi lebih murah.

MITRA: smart-money.co
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR