Rancangan terbaru Gucci, tak melulu soal mode

Ilustrasi produk Gucci.
Ilustrasi produk Gucci. | andersphoto /Shutterstock

Tahun ini bisa jadi tahun produktif bagi Gucci. Kabarnya, jenama fesyen kelas atas dari Italia ini memang sedang gencar menggali hal-hal baru; mulai dari aplikasi ponsel pintar hingga dekorasi rumah.

Berikut kami uraikan sedikit mengenai terobosan-terobosan baru yang dilakukan Gucci belakangan ini.

Koleksi mode

Diawali dengan pameran koleksi di awal tahun di Milan Fashion Week yang bertajuk The Alchemist Garden, Gucci telah mampu membuat para pemerhati mode berspekulasi soal tren yang akan datang, yakni motif bunga-bunga. Saat itu rumah mode asal Italia ini memang banyak meluncurkan rancangan berhias motif bunga-bunga yang hadir dalam motif atau aplikasi bordir.

Setelah itu, Gucci meluncurkan koleksi kapsulnya pada Juni 2017 yang terdiri dari jaket berbahan denim dengan detail bordir khas Gucci. Jaket varsity dengan bordir gambar naga, jaket kulit, jaket berbahan flanel, baju hangat wol, kaus dan sebagainya

Koleksi kapsul ini dipastikan Highsnobiety dapat Anda beli di gerai Dover Street Market yang tersebar di beberapa negara seperti Ginza, Tokyo, New York, Beijing IT Market dan Singapura.

Lalu ada koleksi parfum terbarunya yang dikampanyekan dengan pemotretan berlatar jalanan kota New York 20 Juli lalu.

A post shared by Gucci (@gucci) on

Minyak wangi bertajuk Gucci Bloom ini disebut Harper's Bazaar merupakan hasil kolaborasi pimpinan kreatif Gucci, Alessandro Michele dengan ahli peracik parfum, Alberto Morillas.

Keharumannya digambarkan sebagai representasi suasana hati yang gembira serta gaya yang feminin. Adapun wewangian yang dicampurkan berupa tuberosa (jenis bunga sedap malam), melati, dan musk.

Perabot rumah

Peluncuran parfum pun langsung disusul dengan kabar dirilisnya lini baru Gucci yang berisi perabotan rumah tangga. Dilansir Vogue, kabar tersebut disampaikan langsung oleh Alessandro Michele.

"Gucci sangat bahagia dapat merilis lini Gucci Decor, sebuah koleksi ekletik yang membuat para pelanggan dapat mendandani rumah mereka," kata Michele.

Ia juga mengatakan bahwa ide ini datang bukan untuk untuk menyajikan gaya dekorasi tertentu kepada masyarakat, tetapi justru untuk memberi pilihan elemen yang dapat disesuaikan dan dipadupadankan dengan hunian mereka.

Peluncuran 32 produk dekorasi ini terdiri dari bantal, lilin, nampan, kursi, kertas dinding, tirai pembatas ruangan dan meja lipat. Meja lipatnya merupakan ide dari Michele agar pembeli dapat dengan mudah memindahkan, serta mendekor ulang ruangan dengan meja tersebut.

Pada lini dekorasi ini, sang pimpinan kreatif menggandeng Alex Merry untuk membuat ilustrasi yang melengkapi lini. Efek keseluruhan koleksi merupakan kombinasi rona, pola, dan desain yang mengejutkan dan menggembirakan, tidak ada peraturan di dalamnya.

Harga yang dibanderol Gucci Decor untuk produknya dimulai dari USD190 atau sekitar Rp2,5 juta untuk nampan, sedangkan yang termahal yakni tirai pembatas ruangan senilai USD32 ribu atau setara dengan Rp426 juta.

Seluruh koleksi ini dapat Anda miliki mulai September nanti dengan membelinya di situs resmi atau di beberapa gerai Gucci terpilih.

Aplikasi ponsel pintar

Kreasi terbaru adalah aplikasi ponsel pintar yang bertajuk Gucci Places.

Menggunakan aplikasi ini Anda dapat berburu lencana yang tersebar di seluruh dunia. Lencana ini bisa Anda temukan di area terdekat dengan gerai resmi Gucci.

Masih ingat dengan aplikasi permainan Pokemon Go? Aplikasi ini mungkin akan sedikit mirip dengan permainan asal Amerika Serikat tersebut.

Gucci Places
Gucci Places | Tasya Simatupang /Beritagar.id

Melalui aplikasi Gucci, pengguna akan menerima notifikasi saat mereka berada di dekat toko Gucci. Pelanggan kemudian bisa check-in dan mengumpulkan lencana yang menempel di setiap lokasi.

Dalam sebuah press release dikatakan, "Idenya adalah untuk mendorong orang untuk menemukan cerita menarik dan tak terduga dan hal-hal khusus tentang tempat-tempat ini, dan karenanya menjadi bagian dari sebuah komunitas, berbagi antusiasme rumah mode ini dengan koleksi lokasinya yang eklektik."

Tempat Gucci pertama yang akan dirilis adalah Chatsworth di Derbyshire, Inggris, label asal Milan tersebut saat ini sedang menyelenggarakan pameran busana dan memorabilia yang disebut House Style, yang dikuratori oleh Hamish Bowles.

Di lokasi yang sama Gucci juga menggarap kampanye musim cruise 2017 yang lalu. Selain mengumpulkan lencana, pengguna juga dapat menjelajahi tempat melalui foto, teks, dan video dalam aplikasi, termasuk juga berbagai acara yang sedang diselenggarakan.

Meskipun belum ada tanggal pastinya, tetapi menurut InStyle, aplikasi ini akan dapat segera Anda unduh di ponsel berbasis Android dan iOS.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR