Renew, tamasya penyembuhan hati

Ilustrasi perempuan patah hati
Ilustrasi perempuan patah hati | Rachata Teyparsit /Shutterstock

Bagaimana rasanya patah hati? Sakit! Ketika patah hati, semua hormon cinta dan bahagia seperti dopamin dan oksitosin pergi meninggalkan Anda. Seketika, Anda menjadi depresi.

Kini, ada cara seru untuk menyembuhkan luka akibat patah hati, yaitu Renew, boot camp untuk orang-orang yang baru putus cinta. Renew dilakukan untuk menyembuhkan, merefleksikan, dan merawat diri sendiri.

Konsepnya mirip dengan working space, saat orang-orang bekerja dipertemukan dalam sebuah ruang. Perbedaannya, Renew merupakan ruang untuk mereka yang sedang patah hati.

Kegiatan yang dilakukan selama Renew antara lain terapi, yoga, meditasi, dan kegiatan penyembuhan lainnya di sebuah peternakan yang tenang di New York Hudson Valley.

Renew menjadi rumah retret yang membantu orang untuk menyembuhkan luka hati pasca putus cinta. Tujuannya jelas, mendapatkan kembali kekuatan pribadi mereka.

Pendekatan yang dilakukan meliputi ilmu pengetahuan dan spiritualitas untuk menciptakan momentum positif untuk bergerak maju.

Bisnis unik ini pertama kalinya digarap oleh Amy Chan. Perempuan yang pernah mengalami pahitnya patah hati. Kini ia berbagi tentang bagaimana menjadi pribadi yang tangguh, termasuk belajar dari pahitnya pengalaman saat tulisannya ditolak 100-an media.

"Lima tahun yang lalu saya menjalin hubungan dengan seorang pria yang saya pikir akan menghabiskan sisa hidup bersama. Dia adalah cinta pertama saya," ujar Amy kepada Glamour.com.

"Ketika suatu hari tiba-tiba semuanya jadi berantakan, saya hancur menjadi kepingan-kepingan. Bukan hanya kehilangan sosok pasangan dan teman terbaik, tapi juga kehilangan identitas diri saya sendiri. Saya depresi, panik, dan berpikir untuk bunuh diri."

Saat hatinya hancur, Amy mencari kemana-mana tempat yang aman untuk menyembuhkan luka di hatinya. Sayangnya, ia tidak menemukan tempat yang cocok untuk sakit luas biasa yang dirasakan.

Setelah dua tahun berhasil pulih, ide bisnis itu pun datang. Amy mendapat banyak pesan lewat email dari pembaca blognya yang sedang patah hati dan bingung bagaimana caranya menangani rasa sakit.

"Saya tahu bahwa saya harus jadi orang yang ruang aman bagi orang-orang untuk datang dan menyembuhkan dengan cara yang sehat," tambah Amy.

Amy sering menghadiri yoga dan retret di seluruh dunia, tetapi dia tidak pernah datang di tempat yang memang khusus untuk patah hati. Amy mengaku bukan healer atau penyembuh, tetapi sebagai fasilitator penyembuhan.

Fasilitator tersebut termasuk seorang Life Coach, instruktur yoga, koki pribadi, buruh tani, dan konsultan psikologi positif. Menurut Amy, praktisi retret di Renew bahkan hampir melebihi jumlah peserta.

Ketika bergabung dengan Renew, tentu ada aturan yang harus diikuti. Pertama, putuskan koneksi digital dan fokus pada kegiatan harian yang meliputi terapi, berbagai latihan baik mental, spiritual dan fisik, meditasi, dan makan masakan sehat.

Setiap retret terdiri kurang dari 10 orang, sehingga suasana lebih intim, aman, tenang, dan mendukung.

Nantinya, orang-orang yang patah hati akan dipertemukan dengan mereka yang bernasib serupa. Akan ada Psikolog untuk memimpin diskusi individu tentang bagaimana caranya melepaskan masa lalu.

Ada pun latihan fisik untuk meningkatkan endorfin, konsultasi dengan Life Coach, menulis jurnal setiap malam, yoga, dan meditasi. Saat senggang, peserta dapat memerah susu kambing segar, hiking, atau bersantai di sauna.

Intinya, Renew merupakan cara sehat untuk sembuhkan patah hati, dan menjadi ruang untuk awal yang baru dan tentunya cinta baru.

Untuk mengikuti kegiatan Renew tiga hari, peserta perlu merogoh kocek cukup dalam, hingga US$1.500 untuk ruang pribadi, dan $1.000 untuk ruang bersama.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR