KEHAMILAN

Saat mengandung, perempuan lebih senang untuk berbenah

Ilustrasi ibu hamil sedang membersihkan dapur.
Ilustrasi ibu hamil sedang membersihkan dapur. | pkproject /Shutterstock

Pernahkah Anda memerhatikan tingkah laku perempuan saat hamil? Kalau pernah, mungkin Anda bisa melihat bahwa mereka biasanya tiba-tiba senang berbenah. Mulai dari bolak-balik menyapu lantai, menata ulang perabot rumah tangga, hingga sibuk merapikan lemari pakaian sesuai warna.

Kalau calon bapak melihat hal tersebut, sebaiknya urungkan niat untuk melarang perubahan perilaku pada istri. Karena itu adalah naluri alami para calon ibu.

Ditulis Babycenter, ibu hamil yang senang berbenah menjadi pertanda calon ibu sedang mengalami nesting instinct atau naluri bersarang--sebuah hasrat untuk membuat tempat yang nyaman ditinggali anak setelah ia lahir.

Naluri bersarang bukan hal yang aneh. Sebab, dorongan untuk membersihkan dan mengatur rumah bisa disebabkan karena calon ibu antusias mempersiapkan diri mendekati waktu bersalin untuk menyambut anggota baru di rumah.

Apa yang menyebabkan naluri bersarang muncul?

Peningkatan hormon kehamilan diduga menjadi pemicu perilaku maternal (keibuan). Khususnya hormon oksitosin, senyawa kimiawi di otak yang berhubungan dengan ikatan batin, dan hormon prolaktin selaku hormon nesting.

Kapan naluri bersarang bisa dikenali pada ibu hamil?

Biasanya perilaku senang bebenah akan mulai timbul di trimester ketiga atau lebih awal pada usia kehamilan lima bulan. Kecenderungan itu akan semakin terlihat pada akhir trimester ketiga.

Menariknya, bukan hanya calon ibu yang mengalami naluri bersarang ini. Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tahun 2011 memaparkan hasil bahwa 56 persen calon ayah juga mengalami peningkatan aktivitas nesting. Banyak ahli menyebut nesting sebagai respon intuitif bukan insting.

Naluri bersarang merupakan hal yang biasa dan dianggap sebagai naluri untuk mempersiapkan kelahiran, namun tidak semua wanita hamil mengalami naluri bersarang. Dan hal tersebut tidak perlu membuat risau.

Naluri bersarang dianggap menjadi salah satu tanda awal ibu akan segera melahirkan. Seorang ibu hamil akan bersemangat untuk memenuhi segala kebutuhan calon bayi. Mulai dari menyiapkan kamar bayi, menata rumah, membeli perlengkapan dan pernak pernik bayi dengan antusias.

Ditulis Babble.com, ada sepuluh perilaku yang bisa menjadi petanda naluri bersarang sudah menyerang ibu hamil, termasuk kerap bergegas ke toko untuk membeli perlengkapan bayi meski sudah larut malam dan mendadak merasa ingin menyiapkan makanan bagi calon bayi saat sedang makan.

Faedah nesting

Ternyata ibu hamil yang senang berbenah dapat memberikan faedah yaitu membantu memberikan rasa aman secara psikologi dan menciptakan suasana yang mendukung menjelang persalinan.

Sebab, dengan memastikan bahwa semua keperluan menyambut kelahiran bayi sudah siap akan mengurangi stres pada ibu hamil dan mendukung proses persalinan yang akan dijalani nanti.

Walau tak salah untuk berbenah saat sudah hamil besar, ada beberapa jenis aktivitas yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil lakukan, misalnya mengangkat benda berat dan naik turun tangga. Sebab, kegiatan tersebut dianggap membahayakan bagi calon ibu.

Ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk membersihkan dapur atau rumah dengan menggunakan bahan kimia. Sebaiknya calon ibu menghindari pembersihan bahan kimia seperti pembersih pemutih atau pembersih oven.

Bersih-bersih dengan cairan pembersih akan menimbulkan bau menyengat, yang mengakibatkan mual dan dan mata perih.

Lebih baik minta bantuan orang lain dan, kalau pun menggunakan bahan pembersih berbahan kimia, maka pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik.

Ibu hamil juga tidak dianjurkan membersihkan kandang kucing. Karena kucing bisa menyebarkan toksoplasma yang bisa menyebabkan komplikasi seperti perdarahan.

Lupakan juga berkebun sementara waktu karena dikhawatirkan ibu hamil akan bersentuhan dengan kotoran kucing, anjing atau tikus yang bisa memicu infeksi.

Dinukil Ayahbunda, aktivitas yang dilakukan saat ibu hamil senang berbenah sebaiknya hal yang tidak membahayakan dan tidak membuat lelah.

Misal, membersihkan rumah, seperti menyapu harus dilakukan secara santai dan minta bantuan orang yang ada di rumah. Jika ada kesulitan dan cepat lelah karena perut yang membesar, istirahatlah sejenak.

Menyusun perlengkapan bayi dengan cara menggolongkan berdasarkan fungsi. Tujuannya untuk memudahkan saat mencari.

Mengepak barang berisi kebutuhan ke rumah sakit juga bisa dilakukan ketika naluri beres-beres menghampiri ibu hamil.

Perlu diingat para ibu hamil, walaupun sedang dalam kondisi semangat untuk membersihkan rumah dan menyiapkan keperluan calon bayi, usahakan beristirahat sebanyak mungkin. Sebab, energi dan stamina yang baik amat dibutuhkan untuk melahirkan dan merawat bayi.

Jadi, tetaplah menjaga kebugaran tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat tinggi protein dan serat.

Luangkan waktu untuk berolahraga ringan selama masa kehamilan. Dan cobalah untuk tidur sejenak untuk menekan keinginan berbenah yang kadang cukup menguras tenaga.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR