Saat orang tua kehilangan pekerjaan

Ilustrasi.
Ilustrasi.
© imtmphoto /Shutterstock

Kehilangan pekerjaan menjadi mimpi buruk bagi setiap orangtua. Memang tidak mudah, namun jika keluarga dapat saling memberi dukungan, maka hal ini akan lebih mudah dilalui. Namun ini berarti Anda juga harus memberi tahu anak mengenai kondisi yang dihadapi agar ia mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan.

1. Jujur pada anak
Awalnya mungkin akan terasa berat, namun jika Anda menutup-nutupi kondisi yang sebenarnya, Anda akan lebih sulit mengajak si kecil untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Bicarakan dengan tenang dan jawab semua pertanyaan dari anak hingga ia memahami mengapa ayah atau ibunya tidak bekerja lagi dan apa yang akan terjadi setelah ini.

2. Hindari menunjukkan rasa sedih di depan anak
Walaupun Anda merasa berat menghadapi masalah ini, usahakan agar selalu terlihat tegar di depan anak. Jika si kecil melihat Anda bersedih, ia akan merasa tidak tenang dan gelisah. Selalu terlihat tabah juga akan membuat anak belajar bahwa ia harus kuat walau ditimpa musibah.

3. Kompak dalam berhemat

Jelaskan pada anak bahwa Anda perlu memotong berbagai pengeluaran agar kebutuhan primer tetap terpenuhi. Ini berarti tidak ada mainan baru, jalan-jalan, atau makan di luar sampai kondisi memungkinkan.

4. Minimalkan perubahan dalam kegiatan sehari-hari
Tunjukkan pada anak, walau orangtua kehilangan pekerjaan, hidup akan terus berjalan seperti biasanya. Jaga rutinitas sehari-hari, seperti makan malam bersama di rumah, sampai menemani anak mengerjakan PR. Membuat perubahan drastis akan membuat anak merasa tidak nyaman, sehingga Anda perlu menekan perubahannya seminim mungkin.

5. Selalu mendukung pasangan
Saat pasangan kehilangan pekerjaan, tunjukkan dukungan Anda dengan cara selalu ada di sampingnya saat ia membutuhkan teman untuk mengeluarkan unek-uneknya. Jadilah pendengar yang baik dan bantu tenangkan emosinya. Dengan dukungan dari orang terdekat, pasangan dapat menjaga emosinya tetap stabil, termasuk saat berhadapan dengan anak.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.