Saat tepat mengganti handuk

Berapa lama biasanya Anda mengganti handuk untuk mandi?
Berapa lama biasanya Anda mengganti handuk untuk mandi? | IgorAleks /Shutterstock

Di negeri tropis seperti Indonesia, mandi dua kali sehari adalah lumrah. Lantas, berapa lama biasanya Anda menggunakan handuk sebelum menggantinya dengan yang baru?

Ada yang setiap pekan, satu bulan sekali, juga tak ingat kapan terakhir kali mengganti handuk.

Sebenarnya berapa lama waktu yang disarankan? "Handuk yang dipakai setelah mandi dan lembap bisa digantung agar kering. Boleh digunakan sampai tiga kali," kata Kelly A Reynolds, profesor ilmu kesehatan lingkungan Di University of Arizona pada Buzzfeed.

Bukan tiga hari, melainkan tiga kali pakai. Karena menurut Reynolds bakteri dan jamur akan mulai berakumulasi namun pertumbuhannya akan diperlambat seiring mengeringnya handuk.

Hal serupa dikatakan Meaghan Murphy dari Good Housekeeping. Jika mencuci dengan mesin, Murphy menyarankan menggunakan air hangat, pilih Tumble Dry Low pada mesin cuci. Pisahkan pakaian dan handuk saat mencuci.

Hal yang terburuk yang bisa terjadi saat kita menggunakan handuk kotor adalah masuk unit rawat intensif (ICU). Namun ini sangat jarang terjadi. Demikian dilansir Prevention.

Dalam setiap pemakaian, handuk akan mengangkat sel kulit mati di sekujur tubuh. Belum lagi air sisa mandi yang terserap oleh handuk.

Itu mengapa, handuk yang dipakai setelah mandi biasanya meninggalkan aroma setelah sekali pakai. Ini merupakan jutaan bakteri dari kulit yang menumpuk di handuk. Bakteri ini bertambah dari hari ke hari.

Direktur Columbia University Medical Center, Susan Whittier mengatakan, mengganti handuk setelah empat hingga lima kali pakai masih dapat ditolerir.

Sementara handuk untuk wajah sebaiknya dicuci setiap habis pakai. Karena kotoran dari sisa riasan wajah menempel di handuk.

Basah dan lembap membuatnya butuh waktu lama untuk kering. Kondisi ini menjadikan handuk tempat bakteri dan jamur tumbuh dengan subur.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR