Sederet manfaat rebung bagi kesehatan

Rebung
Rebung | KanitChurem /Shutterstock

Dalam masakan Indonesia, nama sayuran rebung mungkin sudah tak asing lagi. Tunas muda dari akar bambu ini paling umum ditemukan dalam isi lumpia dan sayur lodeh. Selain dimasak langsung, rebung juga ada yang sudah diolah menjadi tepung, keripik, dan asinan.

Rebung termasuk salah satu makanan sehat yang bisa jadi pilihan di antara aneka sayuran.

Rebung mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin E, tiamin, riboflavin, niasin, folat, dan asam pantotenat.

Selain vitamin, rebung juga diperkaya mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium, dan besi.

Jika Anda sering mencari alternatif makanan dengan kadar gula darah rendah, pilihlah rebung.

Dalam 100 gram sajian, rebung mengandung gula sekitar 2,5gram. Tak hanya kadar gula rendah, rebung juga mengandung kurang dari 0,49 gram lemak.

Makanan yang juga dikenal dengan nama bamboo shoot ini juga mengandung fitokimia, senyawa nabati yang melindungi dari infeksi bakteri, jamur, dan virus. Senyawa ini juga mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

Juga ada lignan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Lignan pun menjaga pembuluh darah tetap fleksibel dan meningkatkan sirkulasi yang sehat.

Kandungan asam fenolik, seperti lignan, dapat memberikan tubuh perlingungan terhadap kanker.

Untuk meningkatkan kesehatan jantung, Anda pun dapat mengonsumsi rebung. Sebab fitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam rebung sangat ideal untuk melarutkan kolesterol LDL yang berbahaya di dalam tubuh. Ini memudahkan kolesterol keluar dari arteri untuk memperlancar suplai dan pergerakan darah ke seluruh tubuh.

Jumlah serat yang tinggi dalam rebung juga dapat meningkatkan kesehatan usus. Mencukupi asupan serat yang dibutuhkan tubuh sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan pergerakan usus yang sehat. Makan rebung bisa jadi ide bagus untuk mencegah sembelit.

Selain itu, kalium yang tinggi dalam rebung bermanfaat sebagai elektrolit dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah. Kalium juga dapat meningkatkan kesehatan jantung mengatur tingkat tekanan darah.

Menurut penelitian, rebung bahkan dapat obesitas yang diinduksi lemak tinggi secara efektif. Serat dalam rebung memiliki sifat prebiotik yang dapat meningkatkan metabolisme dan menekan kenaikan berat badan.

Ini juga bisa jadi pilihan makanan rendah kalori. Sebab dalam secangkir rebung, hanya terdapat 13 kalori dan setengah gram lemak. Sayuran ini paling cocok untuk mereka yang cenderung mengudap atau makan berlebihan.

Ketika makan rebung yang juga kaya serat dan berprotein, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga mencegah keinginan untuk mengudap.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Anda bisa memasukkan rebung dalam daftar makanan sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara mengolah rebung? Sebelum dimasak, rebuslah rebung sampai matang sempurna. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan bau pesing dan membuat rebung lebih empuk. Setelah matang, buang airnya dan cuci rebung sampai bersih.

Setelah direbus dan dicuci, rendam rebung dengan air biasa, air dengan tambahan garam, air kelapa, atau air kapur sirih. Diamkan minimal lima jam agar baunya benar-benar hilang.

Kemudian, potong rebung sesuai selera, beri remasan daun jeruk, dan aduk rata. Diamkan lagi 30 menit lalu cuci lagi dengan air hangat. Rebung pun siap dimasak.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR