Semarak busana masa depan di Met Gala 2016

Model Jourdan Dunn dalam balutan Balmain
Model Jourdan Dunn dalam balutan Balmain | Justin Lake /EPA

Met Gala merupakan salah satu acara terbesar yang dinanti oleh para pencinta mode. Met Gala atau yang biasa disebut juga sebagai Costume Institute Gala atau Met Ball adalah acara pengumpulan dana untuk Metropolitan Museum of Art yang terletak di New York.

Met Gala yang banyak dihadiri para pesohor Hollywood juga menandai dimulainya pameran untuk penggalangan dana tersebut. Biasanya pameran yang sudah dimulai sejak 1971 ini berlangsung selama beberapa bulan dengan memamerkan karya seni bernilai tinggi.

Serunya, ada tema tertentu setiap tahunnya. Kostum ala India hingga pahlawan super pernah masuk dalam daftar tema pameran tersebut. Tahun ini tema pesta tampak unik seperti biasanya.

Tema tahu ini bersanding dengan tren teknologi dan gawai pintar yang kian marak seperti jam tangan pintar bahkan robot. Karenanya, tahun ini Vogue melansir Met Gala 2016 dilangsungkan dengan mengusung tema mode dan teknologi yang bertajuk 'Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology'.

Gaya futuristik tercermin dalam tema tersebut. Penggagasnya siapa lagi kalau bukan Anna Wintour, pimpinan redaksi Vogue yang sudah sekitar sepuluh tahun terakhir menjadi otak di balik Met Gala. Banyak aksen metalik serta kilap di sana sini demi mengikuti aturan tema acara.

Beberapa situs melansir, banyak selebriti yang tampil total dengan pakaian koleksi perancang mode dunia, meskipun tak sedikit yang tak menuruti aturan tema tersebut.

Berikut ini adalah beberapa selebriti yang pakaiannya berhasil mencuri perhatian sebagai penampilan terbaik di karpet merah Met Gala 2016.

Gigi Hadid & Zayn Malik

Pasangan model dan penyanyi ini kompak mengenakan pakaian bertema mode dan teknologi.
Pasangan model dan penyanyi ini kompak mengenakan pakaian bertema mode dan teknologi. | JUSTIN LANE /EPA

Gigi Hadid tampak anggun dalam balutan gaun Tommy Hilfiger. Gaun ini berwarna abu-abu dengan payet berkilau berwarna serupa. Sebagai bentuk totalitas, Hadid juga mengenakan kuteks dengan warna abu metalik bertabur kristal di kukunya. Kuteks sponsor dari KISS Nails ini dilansir Teen Vogue bernilai USD2.000 atau sekitar Rp26 juta.

Penampilan sang kekasih, Zayn Malik, juga berhasil mencuri perhatian. Dengan setelan jas Versace dan tangan robotnya Malik membuat Mirror menobatkannya bersama Gigi Hadid sebagai penampilan terbaik malam itu.

Taylor Swift

Penampilan Taylor Swift disebut mirip dengan robot di masa depan. Tentu saja dalam arti yang baik. Sebagai bukti, pelantun lagu Bad Blood ini berhasil masuk dalam jajaran selebriti dengan penampilan terbaik menurut Vogue.

Gayanya yang berbalut gaun dari Louis Vuitton dan aksesori dari Eva Fehren ini juga dipuji oleh pemerhati mode Andre Leon Talley.

Zendaya

Zendaya dalam balutan gaun bernuansa emas
Zendaya dalam balutan gaun bernuansa emas | JUSTIN LANE /EPA

Zendaya belakangan dikenal sebagai salah satu selebriti yang gemar tampil unik dan berbeda dibandingkan perempuan kebanyakan.

Namun di karpet merah Met Gala, Zendaya berhasil membuat gaun Michael Kors yang berkilau keemasan dan tatanan rambutnya yang unik tersebut masuk ke dalam salah satu penampil terbaik menurut Elle.

Claire Danes

A photo posted by @zacposen on

Kebalikan dari Zendaya, tahun ini tak seperti biasanya bagi Claire Danes yang dikenal lembut dan feminin. Pada Met Gala 2016, pemain film Terminator ini tampil dengan gaun supernya.

Ia mengenakan gaun putih besar dengan model bahu terbuka. Sekilas gaun ini tampak biasa saja, seperti gaya Danes saat menghadiri acara penghargaan serupa. Namun siapa sangka, ketika memasuki bagian ruangan dengan lampu yang temaram, gaun rancangan Zac Posen ini tiba-tiba menyala seolah bertabur lampu-lampu mikro di seluruh bagiannya.

Penampilannya ini tak hanya disebut sebagai gaun terbaik oleh Harper's Bazaar. Majalah perempuan ini juga menyebutnya sebagai pemenang gaun yang paling sesuai dengan tema malam itu, 'Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology'.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR