ARTEFAK KEBUDAYAAN

Seni pembuatan pizza jadi warisan budaya dunia

Ilustrasi pizza
Ilustrasi pizza | Africa Studio /Shutterstock

Orang Italia bisa berbangga hati. Makanan khas mereka, pizza, yang sejak lama menjadi penganan favorit berbagai negara bakal kian populer. Maklum, penganan bertabur saus tomat, keju, daun basil, daging cincang, tomat, dan lain-lain itu kini menjadi warisan dunia.

The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan seni pembuatan pizza sebagai salah satu warisan budaya dunia nonbenda. Meski begitu hanya seni pembuatan pizza ala Napoli yang menjadi warisan dunia.

Keputusan tersebut diambil Komite Warisan Budaya Nonbenda UNESCO dalam pertemuan ke-12 di Pulau Jeju, Korea Selatan, pekan lalu (4-9/12/2017). UNESCO, badan PBB untuk urusan budaya dan pendidikan, juga menetapkan 33 aktivitas nonbenda lainnya menjadi warisan dunia.

Salah satu di antaranya juga budaya asal Indonesia, yakni seni pembuatan kapal pinisi asal Sulawesi Selatan. Adapun soal seni pembuatan pizza ala Naples, UNESCO menjelaskan kompleksitasnya menjadi sebuah hal unik.

Pizza ala Naples atau disebut "Neapolitan Pizzaiuoli" punya empat tahap persiapan adonan dan pemanggangan dengan kayu bakar. Kegiatan itu juga melibatkan sejumlah tukang roti.

Saat ini di Naples, ada sekitar 3.000 jenis pizza tersebar. Sementara pembuatannya melibatkan tiga level orang; the Master Pizzaiuoli, the Pizzaiuoli, dan si tukang roti.

Setiap tahun, asosiasi pizza Naples juga menggelar kursus berisi sejarah, instrumen, dan teknik pembuatan pizza. Teknis pembuatan juga dijamin oleh kalangan akademis dan para pekerja yang belajar seninya dari para keluarga pembuat pizza tradisional.

Keberhasilan seni pembuatan pizza menjadi warisan dunia nonbenda juga berkat petisi yang diikuti sekitar dua juta orang. Dan keberhasilan ini membuat Sergio Miccu, Ketua Asosiasi Neapolitan Pizzaiuoli, akan membagikan pizza secara gratis di Naples.

Kebetulan para pembuat pizza di Naples berpesta menyambut status warisan dunia terebit. "Kami akan membagikan pizza di jalanan," janji Miccu seperti dilansir AFP (h/t DW).

A post shared by UNESCO (@unesco) on

Menurut Menteri Pertanian, Maurizio Martina, Italia meluncurkan kampanye pembuatan makanan khas negeri itu sejak UNESCO mengakui profesi kuliner pada 2009. Martina menjelaskan bahwa seni pembuatan Neapolitan "melibatkan orang Italia berpengalaman dan menguasai keterampilan turun temurun."

Gerakan membuat pizza seperti memutar adonannya dan melemparkannya ke udara menjadi sangat khas. "Ini disebut dengan metode menampar," jelas Gino Sorbillo, salah seorang ahli pembuat pizza kepada New York Times.

Setelah itu, pembuat pizza harus menuang saus terlebih dahulu, menabur keju, menuang sedikit minyak sambil menarik sedikit ujung-ujungnya agar menjadi lebih renyah. Setelah itu pizza siap dimasukkan ke dalam panggangan kayu tradisional.

Panggangan kayu dinilai dapat lebih mengeluarkan keharuman pizza ketimbang pemanggang listrik atau gas. "Ini adalah seni. Dimulai dari Naples dan mampu bertahan selama berabad-abad menerjang bencana alam hingga peperangan," lanjutnya lagi.

A post shared by LovEatNapoli (@loveatnapoli) on

"Setelah 250 tahun menunggu, pizza adalah budaya kemanusiaan, warisan yang tak terhingga. Selamat untuk Naples, selamat!" seru seorang ahli pembuat pizza, Enzo Coccia kepada BBC.

Piza merupakan makanan asli benua Eropa yang lahir di kota Naples, Italia sekitar tahun 1720. Taburan pizza waktu itu belum semeriah seperti saat ini karena hanya memuat saus tomat, keju dan daun basil.

Taburan ini pun kemudian diberi nama Margherita, sebagai penghormatan kepada Ratu Margherita yang datang berkunjung saat itu. Warna-warna yang dihasilkan taburannya juga mewakili warna bendera Italia.

Rotinya pun hanya berbentuk bulat, terbuat dari gandum dan menggunakan rempah-rempah sebagai bumbunya. Belum dijual di restoran, saat itu pizza hanya dijual di pinggir jalan.

Selain pizza, ada ritual mandi Kumbh Mela dari India, seni pahat Konjic dari Bosnia, tari sega dan lagu dari Pulau Mauritius Rodrigues yang sama-sama ditetapkan menjadi warisan budaya dunia tahun ini.

Italia adalah negara dengan status warisan terbanyak UNESCO nomor 53. Sebelum seni pembuatan pizza; warisan dunia asal Italia adalah lain pusat sejarah kota Roma, Napoli, Florence, Venizia, dan Pantai Amalfi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR