Sepeda BMX Rp43 juta dari Dior

Ilustrasi seorang pengendara BMX.
Ilustrasi seorang pengendara BMX. | FXQuadro /Shutterstock

Penghujung 2017 kian dekat. Beberapa dari Anda mungkin sudah mencari kado akhir tahun untuk orang-orang terkasih. Beberapa produk terbaru rumah mode kelas dunia bisa jadi pilihan, misalnya saja perabot rumah koleksi Gucci, skateboard keluaran Hermes atau sepeda BMX koleksi Dior.

Ya, beberapa waktu lalu, rumah mode Dior melalui akun Instagramnya resmi mengumumkan peluncuran sepeda BMX tersebut.

BMX atau yang merupakan kependekan dari bicycle motorcross yang satu ini bukan sepeda biasa. Sebab yang membuatnya ialah jenama yang populer dengan produk modenya.

Seperti dilansir Business of Fashion, BMX tersebut merupakan kreasi Dior di bawah arahan Kris van Assche, sang direktur kreatif untuk label Dior Homme.

Sepeda yang sudah mulai dipromosikan sejak Oktober ini dibuat dengan standar BMX pada umumnya, dikayuh dengan pedal, memiliki sadel rendah dan rangka sederhana khas gaya era 90-an.

@diorhomme and @hypebeast editorial featuring our @diorhomme x @bogardebikes collaborative bmx

A post shared by Bogarde bikes (@bogardebikes) on

Dalam pembuatannya, Assche tak bekerja sendiri, ia berkolaborasi dengan produsen sepeda asal Prancis, Bogarde. Produsen ini populer akan gaya modenya yang berkiblat ke era 90-an. Tak heran gaya ini pun sedikit banyak memengaruhi desain badan sepedanya.

Salah satu yang membuatnya istimewa ialah bagian setang yang terbuat dari besi berlapis cat hitam dan merah yang sangat khas Dior.

Lalu, ada tiga logo Dior yang terdapat badan sepeda, yakni: dua pada bagian rangka top tube dan juga pada setang bagian depan. Keseluruhan bagian sepeda dibuat di Prancis, sedangkan untuk bagian logo dibuat khusus di Italia.

Foto resmi peluncurannya digarap oleh fotografer mode senior Patrick Demarchelier, dengan balutan nuansa warna hitam dan putih.

Seperti ditulis Hypebeast, Assche pun menyebut sepedanya "BMX kekinian untuk orang dewasa".

Untuk menambah kesan berkelas saat mengendarainya, Dior pun memberi saran padu padan gaya pakaian dengan setelan blazer serta sepatu B01 sneakers rancangan Kris Van Accshe untuk musim semi 2018.

Meskipun tergolong mewah, BMX keluaran Dior ini tetap bisa dikendarai, bahkan bisa digunakan untuk melakukan beberapa trik freestyle BMX.

Meskipun baru saja resmi dirilis, ada saja orang yang telah memilikinya, salah satunya penyanyi rap Asap Roxy. Bukan tanpa alasan, Dior ternyata memberikan sepeda tersebut sebagai hadiah akhir tahun bagi duta Dior Homme yang juga gemar memainkan BMX-nya itu.

Sepeda yang diluncurkan kali ini merupakan seri pertama dari tiga seri yang akan ditampilkan.

Sesuai rencana awal Kris van Assche, sepeda ini diluncurkan secara resmi pada festival mode dan budaya Sole DBX yang digelar 7-9 Desember 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab. Setelah itu, sepeda ini baru akan dijual di gerai resmi Dior Homme di seluruh dunia dengan harga USD3.200 atau sekitar Rp43 juta.

Tahun ini Sole DBX menghadirkan dekorasi bertema Jepang yang modern dan instagramable. Dekorasi ini juga disebut-sebut sebagai salah satu daya tarik festival tahunan tersebut. Kabarnya, karena ramai peminat untuk berfoto di sana, Anda harus rela berlama-lama antre dengan banyak pengunjung lainnya.

Bila tak ingin BMX berlogo Dior atau merasa harganya terlalu mahal, Anda bisa memilih versi lainnya yang dirancang oleh Bogarde. Bedanya, sepeda keluaran Bogarde tak dicat dengan logo Dior dan dibanderol sekitar USD1.050 atau Rp14,2 juta.

BACA JUGA