Siapa saja yang dimaksud dengan fresh graduate

MITRA: Job planet ID
Ilustrasi
Ilustrasi | 2p2play /Shutterstock

Pertanyaan:

Siapa saja yang sebenarnya dimaksud dengan fresh graduate? Berapa lama waktu sejak lulus untuk seseorang masih dikategorikan sebagai fresh graduate? Apakah pelamar yang baru bekerja beberapa bulan pengupahannya akan disamakan seperti mereka yang baru lulus?

Jawaban:

Definisi fresh graduate di Indonesia biasanya merujuk pada lulusan perguruan tinggi, baik jenjang diploma atau sarjana, yang baru lulus dalam periode kurang dari 6 bulan sejak diwisuda dan resmi mendapatkan ijazah.

Lebih dari itu tentunya sudah tidak bisa dikategorikan sebagai fresh graduate lagi, terlepas dari apakah yang bersangkutan sudah bekerja atau belum.

Alasan kenapa pelamar yang baru bekerja dalam periode beberapa bulan pengupahannya kemudian disamakan dengan para fresh graduate adalah karena pengalaman kerja yang hanya beberapa bulan tersebut tidak akan membuat seorang kandidat memiliki kualifikasi yang jauh lebih unggul dibandingkan fresh graduate.

Sehingga tidak ada pembenaran untuk memberikan remunerasi yang lebih tinggi.

Kalau pun ada perbedaan, biasanya jumlahnya juga tidak akan terlalu signifikan. Selisihnya mungkin hanya berkisar 10% sampai 15%, atau malah kurang dari itu.

Di beberapa perusahaan besar di Indonesia yang memiliki program Management Trainee (MT), gaji sedikit lebih tinggi diberikan untuk para peserta MT yang memiiliki ijazah dengan jenjang pendidikan lebih tinggi. Artinya, gaji lulusan S2 akan sedikit lebih tinggi dibandingkan gaji lulusan S1 selama mengikuti program tersebut.

Akan tetapi, selepas program MT, gaji dan paket remunerasi lainnya tentu akan menyesuaikan dengan prestasi kerja masing-masing.

Jadi, tidak tertutup kemungkinan beberapa tahun setelahnya gaji seorang lulusan S1 bisa melampaui gaji rekannya yang lulusan S2 bila prestasi kerjanya memang gemilang, meski pun lulusan S2 tersebut awalnya mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

MITRA: Job planet ID
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR