Skin gritting, cara baru basmi komedo

Ilustrasi
Ilustrasi
© Dmytro Zinkevych /Shutterstock

Komedo memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika berwarna hitam, atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah blackheads.

Ada dua jenis komedo yang dikenal, yakni komedo hitam yang muncul karena adanya penyumbatan pada pori-pori oleh debu dan kotoran. Ada juga komedo putih, yang merupakan komedo yang tertutup (whitehead).

Komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit, memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Berbagai cara pun dilakukan demi membasmi komedo membandel. Mulai dari pemakaian stiker khusus, alat penyedot komedo hingga masker.

Namun, sering kali penggunaan cara tersebut kurang maksimal karena masih meninggalkan sisa komedo. Karenanya, kini banyak pegiat kecantikan yang beralih ke teknik skin gritting.

Teknik ini sedang marak dan menjadi viral. Sebabnya, skin gritting disebut-sebut dapat mengangkat komedo tanpa sisa dan dapat dilihat langsung hasilnya.

Caranya cukup sederhana, Anda tinggal mengolesi wajah menggunakan minyak lalu beri pijatan menyeluruh. Langkah selanjutnya yaitu melapisi wajah dengan masker berbasis lempung (clay), kemudian pijat kembali wajah untuk kedua kalinya dengan minyak. Pijat-pijat terus hingga serpihan masker luruh dan komedo keluar.

Serpihan komedo inilah yang banyak dipamerkan warganet pengguna Reddit, yang pertama kali mempraktikkan teknik tersebut. Mereka meyakini bahwa butiran hitam tersebut merupakan komedo yang luruh.

Beberapa orang pun sempat menulis pada forum tersebut, bila komedonya terus luruh setiap kali ia memijat area wajahnya.

Namun, menurut ahli dermatologi asal Amerika Serikat, Manjula Jegasothy, M.D, seperti yang ditulis oleh Glamour, bahwa beberapa dokter menyangsikan keampuhan teknik skin gritting tersebut. Sebabnya, butiran yang terlihat belum dapat dipastikan merupakan komedo yang keluar.

Serpihannya terlihat terlalu besar untuk ukuran komedo. Lagipula, komedo hanya akan terlihat pada bagian atasnya saja, bukan pada seluruh butirannya.

Lalu menurut Karyn Grossman, M.D. pun butiran itu bisa saja merupakan sel kulit mati. Ketika mengaplikasikan masker dan menggosoknya, tak hanya kulit mati dari area wajah, tetapi kulit mati pada telapak tangan dan jemari pun bisa ikut rontok karenanya. Belum lagi sisa-sisa masker yang juga turut melekat dan luruh ketika digosok.

Akan tetapi, teknik ini tetap dapat membantu membersihkan kulit wajah dan membuatnya lebih cerah. Jika ingin mencobanya, sah saja. Namun, menurut Daily Mail, perlu diingat bahwa menggosok kulit terlalu keras dan terlalu sering bisa saja mengakibatkan kulit menjadi kering serta iritasi.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.