Solusi sulit berkonsentrasi di kantor terbuka

MITRA: Job planet ID
Ilustrasi menyendiri di kantor agar fokus.
Ilustrasi menyendiri di kantor agar fokus. | Monkey Business Images /Shutterstock

Seiring terus menjamurnya perusahaan rintisan, semakin bertambah pula kantor-kantor baru yang mengusung konsep open-plan. Di satu sisi, ada banyak kelebihan dari konsep open-plan office ini. Namun di sisi lain, tak adanya sekat pemisah antarkaryawan menjadi kendala bagi sebagian orang, terutama mereka yang perhatiannya mudah terganggu.

Tipe karyawan seperti ini biasanya jauh lebih mudah berkonsentrasi di tempat sepi dan akan sulit bekerja jika banyak suara di sekelilingnya. Nah, jika Anda salah satu yang demikian, ini dia solusinya:

1. Kenakan headphone

Jika perlu pilihlah pelantang telinga (headphone) peredam bising. Anda juga bisa mengenakan earphone biasa, kemudian memutar musik yang mampu menjaga konsentrasi. Misalnya, musik dengan suara-suara alam atau musik instrumental. Jika tidak, fokus Anda hanya akan beralih dari suara atau percakapan di sekeliling Anda ke lirik lagu yang sedang didengarkan.

2. Pinjam ruang rapat

Jika ruang rapat atau conference di kantor Anda bisa digunakan secara fleksibel, maka manfaatkanlah fasilitas tersebut sebagai 'tempat pelarian' ketika suasana kantor sedang ramai-ramainya. Lebih beruntung lagi jika kantor Anda memiliki fasilitas pendukung, misalnya perpustakaan mini, seperti perusahaan-perusahaan yang bisa ada di sini.

3. Beristirahat

Jika mulai merasa stres dengan suara bising di sekitar Anda, coba rihat sejenak dari pekerjaan dan berusahalah untuk rileks. Pejamkan mata, kemudian tarik dan hembuskan napas perlahan. Lakukan ini paling tidak sampai tiga kali.

4. Angkat bicara

Tidak semua orang menyukai konfrontasi. Namun ketika lingkungan kantor yang bising semakin sulit ditoleransi, maka inilah satu-satunya pilihan. Cara sederhananya adalah dengan menghampiri rekan kerja yang dirasa paling nyaman untuk Anda ajak bicara, kemudian sampaikan apa yang sesungguhnya Anda rasakan. Jika komunikasi dilakukan dengan baik, persoalan ini pasti bisa ditangani.

Jika Anda sedang berburu pekerjaan dan memilih untuk menghindar dari situasi seperti di atas, Anda bisa mencari tahu di Jobplanet perusahaan apa saja yang masih menerapkan konsep kantor yang bersekat. Namun, jika Anda bersedia keluar dari zona nyaman, perusahaan dengan open-plan office akan memberi tantangan tersendiri bagi Anda. Jadi, pilih yang mana?

MITRA: Job planet ID
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR