FINANSIAL

Strategi mengatur uang untuk kebutuhan anak

MITRA: smart-money.co
Mempersiapkan biaya untuk kecukupan anak.
Mempersiapkan biaya untuk kecukupan anak. | ANURAK PONGPATIMET /Shutterstock

Setelah menikah, tentu Anda akan mulai mengalami pergeseran prioritas. Apalagi, bila Anda merencanakan segera memiliki buah hati. Jangan lupa pula untuk membuat perencanaan matang soal rencana pendidikannya.

Sebuah hasil survei di Amerika Serikat (AS) menyebut, 20% generasi muda mengaku hanya menyiapkan dana seadanya untuk pendidikan anak. Padahal, inflasi pendidikan per tahun setidaknya mencapai 10%.

Mengutip Lifehack, ada beberapa cara untuk mengamankan keuangan untuk kebutuhan pendidikan anak di masa depan.

Tabungan pendidikan

Jenis tabungan ini menawarkan bunga lebih tinggi dibanding tabungan biasa dan Anda bisa menyesuaikan jatuh tempo tabungan. Misalnya, Anda akan menggunakan tabungan ketika anak masuk Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar (SD).

Instrumen investasi yang sesuai

Maestro investasi Warren Buffett pernah menyebut, jangan hanya investasi di satu tempat. Sebab, langkah ini terlalu berisiko. Selain di tabungan pendidikan, tempatkan investasi di instrumen lain seperti saham, obligasi maupun reksa dana agar imbal hasil maksimal dan risiko lebih terkendali.

Tulis cita-cita masa depan

Dalam hal keuangan, cita-cita sangat penting. Biaya kuliah di jurusan kedokteran tentu berbeda dengan jurusan hukum. Agar tepat, diskusikan dengan anak bila sudah mulai beranjak dewasa agar Anda bisa mendapat gambaran biaya yang dibutuhkan.

Membuka rekening atas nama anak

Bisa jadi ini adalah langkah paling mudah. Sebelum anak dewasa dan berusia 18 tahun, mereka belum berhak atas tabungan tersebut.

Memiliki asuransi jiwa

Bagi sebagian orang, premi asuransi jiwa tergolong mahal. Padahal, manfaatnya untuk memberi perlindungan keuangan bagi anak-anak sangat banyak. Mulai pertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa dari sekarang.

Bicara pada anak soal uang

Pendidikan keuangan tak hanya di sekolah. Mulai ajari mereka soal uang dan cara mengatur uang. Ajari cara menyusun anggaran dan prioritas. Pengetahuan semacam ini akan sangat berguna untuk masa depan anak.

MITRA: smart-money.co
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR