RINGKASAN SEPEKAN

Stunting hingga demokrasi untuk kesehatan rakyat

Keunggulan punya anak perempuan dan 4 berita lain
Keunggulan punya anak perempuan dan 4 berita lain | Robotorial /beritagar.id

Inilah enam kabar seputar gaya hidup terpopuler dalam sepekan (17-22/3/2019). Mulai dari beda stunting dan pendek, sampai membuat obat kumur alami, juga kebaikan demokrasi untuk kesehatan.

Ada pula pendapat pakar bahwa masa dewasa dimulai pada usia 30-an, juga uraian keuntungan punya anak perempuan, dan mengenai kondisi penuaan otak.

Kenali beda stunting dan pendek

Ilustrasi tinggi badan anak.
Ilustrasi tinggi badan anak. | Littlekidmoment /Shutterstock

Stunting mampu merenggut kesejahteraan dan masa depan anak-anak. Di Indonesia, prevalensinya yang sangat tinggi tergolong masalah genting dan perlu segera dituntaskan. Ini pula yang menjadi sorotan pada debat calon presiden putaran ketiga 2019 pada Minggu, 17 Maret lalu.

Stunting pasti pendek, tetapi pendek belum tentu stunting. Mari mengenali bedanya.

Baca selengkapnya di sini.

Keunggulan punya anak perempuan

Ilustrasi anak perempuan
Ilustrasi anak perempuan | Chinapong /Shutterstock

Studi terbaru menyimpulkan bahwa remaja perempuan lebih ringan tangan dalam menyelesaikan tugas domestik dibandingkan remaja laki-laki.

Para peneliti menemukan bahwa remaja perempuan menghabiskan 38 menit melakukan tugas membersihkan dan merapikan rumah setiap hari, lebih tinggi daripada anak laki-laki, yang menghabiskan sekitar 24 menit dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Baca selengkapnya di sini.

Masa dewasa dimulai pada usia 30-an

Ilustrasi orang dewasa.
Ilustrasi orang dewasa. | Interstid /Shutterstock

Banyak yang menganggap usia 17 tahun menandakan kedewasaan. Namun, ilmuwan otak menemukan masa dewasa baru dimulai pada usia 30-an.

Standar usia dewasa berbeda di berbagai negara. Termasuk batas usia minimal untuk ikut pemilihan, menikah, sampai mendapatkan surat izin mengemudi.

Jangankan bicara antar-negara, dalam perundangan di Indonesia pun usia dewasa seseorang berbeda secara hukum. Ada yang mengelompokkan usia 17 tahun sudah termasuk dewasa, sementara UU lain menyatakan usia dewasa adalah 21 tahun.

Baca selengkapnya di sini.

Mengenali kondisi penuaan otak

Penuaan
Penuaan | Sirtravelalot /Shutterstock

Seiring bertambahnya usia, setiap sistem dalam tubuh berubah, termasuk otak. Bagaimana otak berubah seiring waktu dan apa saja langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya?

Baca selengkapnya di sini.

Demokrasi baik untuk kesehatan rakyat

Ilustrasi partisipasi pemilu di negara demokrasi.
Ilustrasi partisipasi pemilu di negara demokrasi. | Herwin Bahar /Shutterstock

Riset terhadap 170 negara menunjukkan dampak sistem demokrasi terhadap kesehatan populasi untuk pertama kalinya.

Salah satu cara terbaik mengukur peran demokrasi dalam kesehatan masyarakat adalah dengan mengamati penyebab kematian orang dewasa di suatu negara. Termasuk di dalamnya penyakit tidak menular, HIV, penyakit kardiovaskular, dan kecelakaan transportasi.

"Lembaga dan proses demokrasi, khususnya pemilihan umum yang bebas dan adil, bisa menjadi katalisator penting untuk meningkatkan kesehatan populasi, dengan perolehan kesehatan terbesar yang mungkin untuk penyakit kardiovaskular dan penyakit tidak menular lain.

Baca selengkapnya di sini.

Membuat obat kumur dari bahan alami

Obat kumur
Obat kumur | PHENPHAYOM /Shutterstock

Setelah makan makanan pedas atau berbau menyengat, Anda butuh obat kumur untuk kembali menyegarkan mulut. Obat kumur dapat membantu melawan bau tidak sedap, meningkatkan kesehatan mulut, memperkuat gigi dan gusi, mencegah penumpukan plak, mengobati luka mulut, serta menyegarkan napas.

Namun, jika tidak tertarik dengan produk obat kumur yang ada di pasaran, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.

Baca selengkapnya di sini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR