PANGGUNG TITIAN

Tabrak warna neon dan pastel dari Milan Fashion Week

(Ki-ka) Rita Ora dan Nicki Minaj saat menghadiri peragaan busana Versace di Milan Fashion Week, Italia, Jumat (21/9/2018).
(Ki-ka) Rita Ora dan Nicki Minaj saat menghadiri peragaan busana Versace di Milan Fashion Week, Italia, Jumat (21/9/2018). | Flavio Lo Scalzo /EPA-EFE

Saat London Fashion Week usai digelar, Milan pun menyusul jadi kota berikutnya yang menyelenggarakan pekan mode dunia. Tahun ini, beberapa tren unik diramalkan akan jadi inspirasi pecinta mode.

Salah satu yang paling banyak dibicarakan di acara yang diselenggarakan di Milano Moda Donna, Italia, pada 19-24 September 2018 ini adalah penerapan teknik tabrak warna, antara pastel yang lembut dan neon yang seolah berteriak meminta perhatian.

Tren ini dituangkan dalam berbagai koleksi desainer kelas dunia. Tak hanya pada busana, tapi juga riasan dan aksesori.

Misalnya saja Missoni, yang tahun ini menampilkan koleksi penuh warna pastel. Rumah mode asal Italia ini menyuguhkan sederet busana siap pakai bermodel gaun hingga setelan celana dengan warna lembut. Ungu muda, biru lembut, serta abu-abu tampak mendominasi, tapi dibuat anti-bosan dengan aksen grafis yang terinspirasi dari alam.

Tampilan ini disempurnakan dengan riasan yang juga berwarna muda. Riasan tersebut diaplikasikan pada seluruh bagian kelopak mata, ditambah aksen glitter, membuat kesan kulit lebih berkilau.

"Riasan seperti ini sangat futuristis bak sains fiksi; sekilas tampak seperti dari dunia lain dengan sentuhan magis," ungkap sang penata rias, Lynsey Alexander, seperti dikutip Vogue.com, Minggu (23/9).

Hal serupa juga dilakukan oleh Versace, menampilkan koleksi warna pastel dan mengawinkannya dengan aksen yang lebih ramai.

Bedanya, Donatella Versace, sang perancang langsung menggebrak dengan tampilan neon yang lebih berani. Perancang asal Italia yang dikenal akan karya-karyanya yang tegas ini menjadikan gaya retro sebagai inspirasi pada koleksi Musim Gugur 2018 kali ini.

Kuning dan hijau stabilo, hingga merah cabai dan merah keunguan pun jadi pusat perhatian pada peragaan yang digelar Jumat (21/9) malam, waktu setempat. Potongan busananya banyak bermain dengan model atasan asimetris, maupun kaus berkerah tinggi (turtle neck). Sebagai penyeimbang, barulah nuansa warna pastel dihadirkan di sana.

Malam itu, Versace pun meluncurkan koleksi mantel merah ceri yang juga dimiliki oleh rumah mode lain seperti Prada dan Salvatore Ferragamo. Menurut ramalan Vogue, mantel ini bisa jadi koleksi terlaris di kemudian hari, mengingat banyaknya perancang yang membuat karya serupa.

Moschino pun tak mau ketinggalan. Rumah mode lokal Italia yang mendunia ini menampilkan warna-warni neon dengan mengusung tema sketsa.

Uniknya, sang direktur mode, Jeremy Scott, kali ini benar-benar seolah menghadirkan sketsa busana seukuran manusia. Lengkap dengan coretan di sana-sini dan motif acak yang seolah merupakan goresan spidol warna-warni.

Seperti dikutip Elle.com, Scott sempat mengungkapkan kepada media bahwa ia ingin menerjemahkan bagaimana momen ajaib tertangkap dan dituangkan menjadi inspirasi ketika Anda bekerja terburu-buru.

Koleksinya banyak menghadirkan model gaun ala era 80-an yang berpotongan rapi, tapi mampu menghadirkan kesan mewah. Belum lagi ditambah gaun yang memang dirancang untuk menjadi mewah, dengan aksen lengan balon ukuran jumbo, hingga gaun panjang berwarna emas.

Semua busana yang dihadirkannya dipadukan dengan stocking sewarna kulit yang memiliki motif sketsa pada bagian depannya. Termasuk pada busana terakhir, gaun pengantin model kerut yang dibawakan oleh Gigi Hadid sebagai penutup.

Selera humor Scott pun mendapat apresiasi dan menghiasi berbagai laman mode sebagai salah satu koleksi terbaik di MFW Musim Semi/Panas 2019.



BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR