KESEHATAN

Tanaman di ruang kerja dapat atasi stres

Ilustrasi tanaman di meja kerja.
Ilustrasi tanaman di meja kerja. | Wayne0216 /Shutterstock

Lihat ada apa saja barang di meja kerja Anda. Apakah itu mainan, foto keluarga, kalendar meja, atau hiasan?

Mulai saat ini, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menambahkan tanaman sebagai hiasan. Sebab, selain mempercantik meja kerja, tanaman dapat menjernihkan udara dari bahan kimia beracun di kantor.

Penyakit mudah menyebar di gedung perkantoran bertingkat tinggi dan tertutup. Masalah ini sering dikaitkan dengan ventilasi yang buruk serta bahan kimia yang digunakan pada perabot kantor.

Bangunan kantor dinilai lebih buruk daripada apartemen. Kubikel di perkantoran biasanya terdiri dari partisi yang terbuat dari papan partikel dan karpet vinil, lantai sintetis, dan kursi kantor plastik atau sintetis. Sebagian besar perkantoran juga diterangi oleh penerangan buatan.

Dalam hal ini, tanaman dapat membersihkan patogen di udara, mengurangi bakteri dari kantor, dan dapat bertahan dalam cahaya rendah dengan sedikit perawatan.

Para peneliti menambahkan bahwa menaruh tanaman di meja kerja dapat membantu membersihkan udara dari zat berbahaya, menyerap polutan, debu, dan banyak lagi yang ditemukan di beberapa perabot kantor termasuk formaldehid, benzena, etilbenzena, toluena, xilena, dan bahkan amonia dari produk pembersih.

Bakteri yang menguntungkan pada tanaman dapat menstabilkan ekologi lingkungan sintetis yang dibangun. Keseimbangan yang sehat dapat mengurangi jumlah hari sakit pada pekerja.

Penelitian telah membuktikan bahwa ruang hijau dan alam dapat membantu meningkatkan perasaan relaksasi dan ketenangan, yang dapat berkontribusi pada suasana hati. Udara bersih berdampak ke lingkungan kerja yang lebih santai dan lebih sehat.

Tanaman di kantor juga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Dr Chris Knight dari Universitas Exeter dan rekan-rekan psikolognya, yang telah mempelajari masalah ini selama 10 tahun, menyimpulkan bahwa karyawan menjadi lebih produktif ketika tempat kerja dipenuhi dengan hanya beberapa tanaman hias.

Kehadiran tanaman dapat membuat tugas lebih cepat diselesaikan, lebih sedikit kesalahan yang dilakukan, dan tingkat fokus dan konsentrasi meningkat. Hal ini terutama berlaku untuk pekerja komputer yang mengalami peningkatan 10-15% dalam produktivitas mereka karena adanya tanaman dalam penelitian.

Tanaman juga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, depresi, dan kelelahan, yang tak dapat dihindari dari tempat kerja manapun. Ini karena tanaman membuat tempat kerja tampil lebih tenang.

Tak ada salahnya membeli tanaman, sebab lingkungan kerja yang baik akan membuat pekerja lebih sehat, bahagia, dan mengerjakan tugas secara efisien dan tepat waktu.

Sebelumnya, penelitian NASA (badan antariksa Amerika Serikat) juga menemukan bahwa ada beberapa jenis tanaman yang dapat mencegah Anda sakit.

Lidah buaya dan ivy Inggris dikenal karena kemampuan mereka untuk memurnikan udara. Anda juga bisa memilih bunga bakung yang dapat meningkatkan kualitas udara sebesar 6 persen dan menyerap spora jamur melalui daunnya.

Beberapa pilihan tanaman yang cocok untuk disimpan di ruang kerja antara lain spider plant. Tanaman gantung ini bisa disimpan di rak tinggi atau keranjang model gantung. Tanaman ini dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, polutan dalam ruangan, dan mengurangi stres di tempat kerja.

Pilihan lain adalah philodendron untuk membebaskan udara dalam ruangan dari kelebihan karbon dioksida, yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Real Simple menulis beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ada di kantor, seperti neon pothos, snake plant, aglaonema, rubber tree plant, dan dracaena.

Tanaman ini tak butuh disimpan di bawah sinar matahari langsung, jadi cocok untuk ditaruh di atas meja kerja. Pun Anda perlu menyirami dengan air satu minggu hingga satu bulan sekali.

BACA JUGA