Tanda suami siap jadi ayah

Sudahkah suami Anda siap menjadi ayah?
Sudahkah suami Anda siap menjadi ayah? | shutterstock.com

Mengasuh dan membesarkan anak tentu membutuhkan kerjasama suami dengan istri. Tapi, tidak semua pasangan memiliki kesiapan yang sama. Bisa saja suami belum siap untuk melakukan peran sebagai ayah.

Tentu ada banyak alasan mengapa suami belum siap memilliki anak. Dilansir Parents, mulai dari kecemasan tentang proses persalinan yang akan dihadapi oleh istri, masalah finansial dan bingung tentang cara bagaimana merawat bayi.

Jika suami tidak siap dengan perubahan setelah memiliki anak. Anda bisa melontarkan 10 pertanyaan ini, untuk mengetahui kesiapan suami.

Tapi kalau Anda memiliki kejelian, tanda-tanda dibawah ini bisa membantu Anda mengenali kesiapan suami untuk menjadi ayah yang bisa diandalkan, seperti dilansir dari MotherandBaby.

Sosok yang menyenangkan

Saat berada di tengah anak-anak, suami tidak canggung dan kikuk. Bahkan sebaliknya, suami yang siap menjadi ayah akan memperlihatkan sikap menyenangkan saat bermain dengan anak-anak. Suami tidak segan untuk ikut bermain dengan anak-anak. Ia pun tak segan menjaga dan mengawasi keponakannya yang masih kecil.

Bangun Lebih Pagi

Pasangan yang gemar bangun pagi dan melakukan berbagai aktivitas. Misal, berolahraga atau mencuci kendaraan pribadi. Ini menunjukkan kalau pasangan bisa diandalkan saat pagi hari untuk membantu mengasuh bayi.

Mandiri dan bertanggung jawab

Perhatikan perilakunya di rumah. Jika pasangan sudah mampu menyelesaikan tugas-tugas sebagai pria. Misal, merawat kendaraan pribadi, membenahi genteng yang bocor tanpa mengeluh itu tanda suami siap bertangung jawab dan menanggung hidup buah hatinya.

Tiba-tiba senang anak kecil

Kalau awalnya suami Anda memang menyukai anak kecil, tentu tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Tapi jika suami bukan pria yang suka dengan anak kecil, tapi mendadak ingin mengendong anak kecil, kabar gembira untuk Anda. Artinya suami juga sudah siap menjadi ayah.

Ingin memelihara hewan

Anda tidak pernah diijinkan untuk memelihara hewan oleh suami, tapi tiba-tiba Anda dibelikan hewan peliharaan. Jika suami bukan pencinta hewan, bisa jadi hal ini dilakukan karena nalurinya untuk merawat anak sedang tumbuh, tetapi tidak disadarinya.

Lebih semangat kerja

Lebih bersemangat kerja dan mencari pekerjaan tambahan untuk menambah saldo tabungan bersama. Bisa jadi suami sedang mempersiapkan diri secara finansial untuk biaya persalinan dan memenuhi kebutuhan setelah kelahiran bayi.

Banyak temannya sudah punya anak

Jika lingkungan kerja atau teman-teman semasa sekolah sekolah sudah banyak yang memiliki anak, biasanya ini akan memancing pria untuk juga berpikir tentang mempunyai anak.

Tapi suami menunjukkan sikap tidak bersahabat dengan anak-anak, maka itu tanda suami belum siap untuk berperan sebagai ayah. Seperti dilansir Menshealth.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR