Tetap gaya dengan produk fesyen dan aksesori dalam negeri

SPONSOR: Bekraf
Ilustrasi tetap gaya dengan produk fesyen lokal
Ilustrasi tetap gaya dengan produk fesyen lokal | Shutterstock

Tak sekadar turut berperan memajukan perekonomian nasional, dengan menggunakan produk lokal Anda juga telah berpartisipasi dalam merawat khasanah dan kebudayaan Indonesia. Dikemas dengan cara modern, produk fesyen dan aksesori buatan lokal juga bisa membuat Anda tampil gaya.

Walaupun belum mendominasi pasar, namun dari waktu ke waktu produk-produk lokal mengalami kenaikan. Hal ini bisa dilihat dari kenaikan nilai PDB ekonomi kreatif yang mencapai angka 852,24 triliun rupiah pada 2015.

Tak hanya dari sisi nilai, keragaman produk pun mulai terlihat. Kini, Anda disodorkan dengan ragam pilihan produk-produk ekonomi kreatif mulai dari produk fesyen, makanan, aksesori, hingga interior rumah. Bagi Anda yang ingin tampil gaya dengan rangkaian produk fesyen dan aksesori lokal, berikut daftar produk yang bisa Anda masukkan dalam daftar buruan.

Environmental Jewelry

Jika Anda ingin memiliki perhiasan ramah lingkungan, Environmental Jewelry jawabannya. Ega dan Julia (pendiri) mengklaim produk mereka adalah perhiasan ramah lingkungan yang menggunakan resin, beras, perak, dan emas. Yang terasa spesial adalah produk ini merupakan buatan tangan.

Gabungan material tersebut dirangkai menjadi kalung perak dengan liontin beras, gelang, anting, serta cincin. Bisa dikatakan Environmental Jewelry telah membentuk karakter dalam setiap produknya, hal itu bisa dilihat dari desain liontin dan center stone, yang terbuat dari tumpukan beras menyerupai batu karst.

Woodka

Bagi Anda penggemar atau kolektor jam tangan, rangkaian produk dari Woodka tidak boleh dilewatkan begitu saja. Woodka memproduksi jam tangan kayu dari pohon maple, sonokeling, jati, dan ebony yang terkenal kuat yang dikombinasikan dengan pilihan strap dari tenun, ikat, atau kulit. Desain yang minimalis membuat jam tangan dapat digunakan dalam segala suasana. Di samping itu, strap mudah diganti sehingga satu buah jam dapat menghasilkan gaya berbeda.

BatikGeek

Lindungi ponsel Anda dengan pelindung yang kental dengan nuansa tradisional. BatikGeek mengeluarkan produk pelindung ponsel yang terbuat dari bahan polikarbonat dan bambu yang diukir menghasilkan gambar wayang, barong, tribal, dan motif batik. Jenama mengklaim bahwa produk mereka kuat, awet, presisi, dan gambar mendetail. Tak hanya itu, pelindung ponsel ini juga memudahkan pengguna mengakses tombol dan port.

Schors

Bagi sebagian orang, vegetarian merupakan pilihan hidup. Mereka tidak mengonsumsi makanan hewani, bahkan tidak menggunakan produk kecantikan yang dites pada hewan, serta meminimalisasi pemakaian aksesori dari hewan. Seperti yang dilakukan Schors, jenama yang memproduksi dompet kulit ramah lingkungan dan tahan air.

Schors mengeluarkan dompet kulit terbuat dari cork oak (pohon ek gabus) dengan jahitan rapi dan kuat.

Dari laman Facebook Schors, mereka memilih pohon ek gabus karena kulit pohon bisa digunakan tanpa harus ditebang sehingga aman bagi ekologi hutan. Selain itu, teksturnya ringan, lentur, serta tahan panas.

Sepiring Indonesia

Seperti namanya, Sepiring Indonesia, menawarkan piring bercorak Nusantara. Dalam corak piring, Eridanie dan Jasmyne (pemilik) memiliki lima tema khas, yaitu Joged Jakarta, Bugis Makanja, Tatau Dayak, Legong Bali, Rancak Minang, dan Jawa Semanak. Masing-masing tema memiliki beragam corak.

Semua tema menggambarkan budaya kelima daerah di atas dalam warna cerah yang lucu memikat. Tak hanya diaplikasikan pada piring, tema juga diaplikasikan dalam tas dan notebook. Produk mereka cocok sebagai hadiah untuk sahabat atau kolega.

SPONSOR: Bekraf
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR