Tip ampuh pudarkan tampilan stretch mark

Ilustrasi stretch marks
Ilustrasi stretch marks
© ll_about_people /Shutterstock

Stretch mark adalah guratan berwarna cerah yang sering nampak pada kulit bagian tubuh. Letaknya cenderung terkonsentrasi di satu tempat, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha.

Sering kali stretch mark dianggap sebagai lemak-lemak menumpuk yang hanya bisa terjadi di kulit mereka dengan berat badan berlebih. Padahal sebenarnya, stretch mark bisa terjadi pada Anda yang memiliki kulit dengan kadar kolagen dan protein yang rendah.

Sebabnya, kolagen dan protein lah yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi lembap sehingga lebih lentur ketika meregang. Menurut WebMD, proses peregangan kulit ini kerap terjadi ketika tubuh membesar dengan cepat, seperti hamil atau penggemukan secara drastis.

Lapisan tengah kulit akan menipis dan jika kekurangan kolagen, lapisan di bawahnya pun akan pecah dan timbul ke permukaan kulit. Bagian ini lah yang disebut dengan stretch mark.

Untuk mengatasi tampilan stretch mark yang mengganggu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Misalnya seperti yang disarankan oleh Allure, yaitu memakai pelembab yang diaplikasikan menggunakan sarung tangan khusus yang memiliki titik-titik yang timbul yang dapat digunakan untuk memijat.

Jika dalam kondisi mengandung, tentunya Anda harus memilih pelembab yang aman bagi ibu hamil. Aplikasikan krim atau minyak tersebut ke bagian perut sedini mungkin.

Jika tak yakin akan kandungan yang tepat, bisa juga memilih pelembap alami. Misalnya seperti lidah buaya, minyak kelapa dan minyak telur (Oleova) yang bisa Anda aplikasikan setiap hari pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark.

Dengan sedikit berusaha, Anda juga bisa membuat masker sendiri. Gunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat seperti air jeruk lemon, putih telur, dan kentang.

Air jeruk lemon mengandung asam yang dapat menyembuhkan bekas luka dan jerawat pada kulit. Putih telur kaya akan protein, sehingga dapat membuat kulit kembali kenyal dan lembap. Lalu ada kentang yang mengandung vitamin dan mineral yang dapat merangsang pertumbuhan kulit baru.

Selain memakai pelembab dari luar, kulit Anda juga butuh asupan dari dalam untuk menjaga kelembabannya. Minumlah air putih dengan cukup dan teratur.

Lalu jika kulit tak menunjukkan tanda-tanda memudarnya stretch mark, Anda juga bisa menghilangkannya dengan teknik laser yang direkomendasikan Live Strong.

Teknik laser atau dermabrasi bisa dengan cepat dan ampuh menghilangkan guratan-guaratan putih pada kulit tersebut. Dermabrasi bekerja dengan cara menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk menstimulasi jaringan kulit di bawahnya. Cara ini akan membuat stretch mark memudar dan jaringan kulit baru lekas tumbuh menggantikan kulit yang mati karena proses dermabrasi tersebut.

Hasil dermabrasi bisa sangat tergantung pada seberapa dalam guratan yang Anda miliki. Jadi sebelum melakukan perawatan tersebut, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan ahlinya.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.