Tip atasi minyak berlebih pada wajah

Ini dia cara ampuh atasi kulit berminyak
Ini dia cara ampuh atasi kulit berminyak | rukxstockphoto /Shutterstock

Meskipun tak berjerawat, kulit dengan minyak berlebih pasti akan sangat mengganggu penampilan Anda. Wajah akan terlihat mengilap terus menerus serta terasa lengket.

Bukan tak mungkin bila hal ini kemudian bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Apalagi ditambah dengan menempelnya rambut yang kotor di area sekitar wajah.

Karenanya, kali ini kami ingin berbagi tip seputar cara mengatasi minyak berlebih pada wajah Anda dan menjadikannya terlihat segar lebih lama.

Cuci dengan benar

Tak harus menunggu datangnya jerawat, jika kulit Anda termasuk yang berjenis sangat berminyak cobalah untuk memakai sabun pencuci wajah khusus kulit berminyak serta antijerawat.

Allure menyarankan, pilihlah sabun pencuci wajah yang mengandung 2 persen asam salisilat, berguna untuk mencegah timbulnya jerawat dan mengatasi peradangan jika jerawat timbul. Namun sebaiknya hindari kandungan ini jika kulit Anda sensitif.

Selain itu, ahli dermatologi dari Miami, Amerika Serikat, Dr. Leyda Elizabeth Bowes, MD, mengatakan pada Cosmopolitan agar pemilik kulit berminyak benar-benar membersihkan kulitnya secara menyeluruh. Mulailah dari wajah, leher, belakang leher hingga ke area dada.

Cara ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih kesat. Sangat tepat jika diaplikasikan di hari-hari yang lebih panas.

Hidrasi

Kulit berminyak bukan berarti tak butuh pelembap. Kulit berminyak yang kekurangan air justru akan meningkatkan produksi minyaknya dan menjadikan kulit semakin tak sehat.

Gunakan pelembap khusus kulit berminyak yang mengandung asam hialuronat. Pelembap jenis ini akan menghidrasi kulit tanpa menjadikannya lebih mengilap.

Tabir surya

Jika Anda tak pernah benar-benar menemukan pelembap terbaik yang cocok kulit, cobalah untuk menggunakan tabir surya.

Caranya, lewatkan proses pemakaian pelembap di pagi hari. Sebagai gantinya, kenakanlah tabir surya dalam jumlah yang tepat. Secara mengejutkan hal ini akan membuat minyak pada kulit berangsur-angsur menghilang dan menjadikannya tampak lebih kesat.

Riasan tepat

Terkadang pemilihan kosmetik yang salah justru jadi penyebab utama kulit semakin terlihat berminyak, lengket dan kurang segar.

Untuk itu, bagi Anda dengan kulit berminyak cobalah untuk tak mengenakan alas bedak berbentuk cair yang akan menutup pori-pori. Karena pori-pori yang tertutup akan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak, bakteri menjadi terjebak di dalamnya sehingga mudah bagi kulit untuk menimbulkan jerawat.

Dalam riasan sehari-hari pilihlah kosmetik yang ringan seperti bedak tabur, ketimbang alas bedak. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan wajah dari debu dan sisa riasan sebelum tidur.

Kertas penyerap minyak

Jangan pernah terlalu sering menyentuh kulit wajah. bakteri yang terdapat di tangan dapat menyebabkan wajah mudah berjerawat.

Jika kulit mulai terasa lengket karena minyak, WebMD menyarankan untuk menggunakan kertas penyerap minyak guna mengatasi tampilan wajah mengilap di saat-saat tertentu. Misalnya, ketika Anda mengenakan riasan sehingga dituntut untuk tampil bebas kilap.

Kertas penyerap minyak dapat mengurangi kadar minyak dari permukaan kulit untuk sementara, tanpa membuat kulit jadi kering.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR