Tip memilih cendera mata pernikahan

Ilustrasi
Ilustrasi
© Isamare /Shutterstock

Mempersiapkan pesta pernikahan kerap kali bukan hanya soal menyenangkan Anda dan pasangan, keluarga juga para tamu juga masuk dalam daftar. Karena itu pengambilan keputusan tentang segala unsur pendukung pesta perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan. Termasuk memilih cendera mata.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa cendera mata merupakan cara kedua mempelai untuk menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran para tamu. Jadi, menurut Bustle sebaiknya tak usah terpaku dengan produk yang mewah dan menghabiskan bujet berlebih atau terlalu mirip dengan hasil pencarian Anda di Pinterest.

Sesuaikan tema

Menyesuaikan cendera mata dengan keseluruhan konsep pesta mungkin bukan jadi hal yang utama, tetapi bisa jadi hal pertama yang memudahkan Anda untuk mengerucutkan pilihan.

Jika konsep pesta pernikahan akan bergaya tradisional, scarf kain bermotif batik bisa jadi pilihan. Atau bagi Anda yang menyelenggarakan acara dengan gaya pesta kebun, kipas dari kayu pasti akan sangat berguna.

Membuat sendiri cendera mata juga akan menjadikannya lebih unik dan bisa lebih hemat bujet. Terlebih jika Anda memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.

Anda juga bisa mempertimbangkan model dari setiap pilihan cendera mata agar tak terlalu feminin atau terlalu maskulin.

Berikan yang berguna

Huffington Post memberi saran, pilihlah cendera mata pernikahan yang akan berguna bagi para tamu. Misalnya saja sesuatu yang bisa dimakan.

Untuk pemilihan makanan, cobalah untuk memberikan sesuatu yang terasa manis. Misalnya seperti kukis, permen atau cupcake.

Jika tak ingin memberi cendera mata dalam bentuk makanan, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberi sesuatu yang dapat dipajang di tempat tinggal para tamu atau justru pernak-pernik kebutuhan sehari-hari.

Sukulen, benih tanaman atau biji kopi merupakan beberapa contoh cendera mata yang bermanfaat dan juga sedang digemari saat ini.

Lupakan insial nama

Biasanya sebagai empunya pesta, sang mempelai kerap mencantumkan inisial di seluruh pernak-pernik pernikahan. Mulai dari undangan, inisial besar dari balok es di meja jamuan makan hingga pada setiap cendera mata.

Tak jarang pula pencantuman nama bukan sekadar insial melainkan nama lengkap Anda dan pasangan.

Tahukah Anda bahwa cendera mata yang paling berguna sekalipun justru akan dilupakan oleh para tamu ketika nama sang mempelai tercantum dengan jelas dan besar di setiap permukaannya.

Untuk itu, cobalah untuk hanya menaruh ucapan terima kasih dan nama serta tanggal pernikahan Anda pada kartu kecil yang diikatkan di setiap cendera mata. Bisa juga menambahkan sedikit kata mutiara yang manis di kartu tersebut.

Jika tetap ingin memberi kesan lebih personal pada setiap cendera mata, cobalah untuk menulis hanya inisial yang kecil pada bagian yang tak terlalu mencolok.

Siapkan ekstra

Di pesta pernikahan, tak jarang tamu meminta cendera mata lebih dari satu, apalagi jika tamu tersebut merupakan keluarga atau kerabat dekat yang kerap datang beramai-ramai.

Hal ini tentu bisa mengacaukan perhitungan Anda sebelumnya. Belum lagi jika ternyata ada cendera mata yang cacat atau rusak dalam perjalanan.

Jika tak menghitung dengan saksama, bukan tak mungkin stok cendera mata habis sebelum semua tamu datang atau pesta usai.

The Knot menyarankan kepada para calon mempelai agar selalu menyiapkan ekstra cendera mata untuk menghindari hal tersebut.

Anda bisa menyiapkan sebanyak 10 ekstra untuk setiap 100 buah cendera mata yang Anda siapkan. Jadi, jika Anda akan membutuhkan 300 cendera mata, belilah sebanyak 330 untuk cadangan mana tahu dibutuhkan.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.