Tip mengatur waktu bekerja

Agar tak terbuang percuma, aturlah waktu dengan saksama.
Agar tak terbuang percuma, aturlah waktu dengan saksama. | Dashu

Waktu 24 jam dalam sehari seringkali terasa kurang. Mengaturnya dengan saksama jadi soal penting. Apalagi dalam hal bekerja.

Berikut ringkasan dari 20 tip mengatur waktu yang ditulis oleh desainer produk ternama Etienne Garbugli.

Hindari multi aksi. Riset di Stanford University membuktikan, multi aksi justru mengurangi produktivitas. Lebih baik Anda menyelesaikan pekerjaan satu demi satu. Melakukan beberapa hal sekaligus akan membuat otak lelah.

Suasana hati tak selalu mendukung Anda bekerja. Oleh sebab itu, bekerjalah ekstra keras saat pikiran sedang fokus. Sebaliknya, coba sedikit rileks saat suasana hati tak mendukung.

Bagi pekerjaan besar menjadi beberapa pekerjaan kecil. Pelatih football Nick Saban menyebut filosofi ini sebagai Proses. Alih-alih meminta timnya untuk fokus memenangkan sebuah kejuaraan, Ia melatih mereka untuk fokus pada apa yang ada di depan mata.

Tidak ada tugas yang sama penting. Biasakan mengatur prioritas dengan membuat daftar. Dengan membuat daftar prioritas Anda bisa lebih fokus, dan mudah melakukan kontrol pekerjaan.

Buat tenggat waktu untuk setiap tugas. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk satu pekerjaan dapat membuat yang lain terbengkalai. Lifehack punya 22 tip untuk membuat tnggat waktu yang efektif juga realistis.

Femina melansir, ada tiga golongan perempuan berdasarkan caranya mengatur waktu.

  • Nona sempurna. Biasanya disiplin dan konsisten. Kerap kali tipe ini sibuk memenuhi kebutuhan pihak lain. Karenanya disarankan agar tidak terlalu ambisius dan perfeksionis.
  • Penjaga keseimbangan. Tipe ini memahami benar arti prioritas. Namun sebaiknya menjaga fleksibilitas agar tidak dianggap kurang bisa diandalkan.
  • Penunda. Sesuai namanya, tipe ini kerap menunda pekerjaan. Jika merasa pekerjaan terlalu berat, ada baiknya dikerjakan secara bertahap.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR