Tip padu padan tren rok lipit

Rok plisket yang mengetren
Rok plisket yang mengetren | Tinatin /Shutterstock

Rok lipit atau yang juga dikenal dengan istilah rok plisket di Indonesia ini menyiratka gaya jadul nan anggun. Aksen lipatan ini memang sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu.

Agar nampak elegan, lipatan yang terinspirasi dari bentuk alat musik akordeon ini membutuhkan alat khusus untuk menghasilkan bentuk yang sangat rapi. Kain dilipat kemudian ditekan dengan besi panas hingga membentuk bekas berupa lipatan. Tahap ini dilakukan berulang-ulang hingga seluruh kain mendapat aksen tersebut.

Pada 2016, rok lipit kembali menggoda para pegiat mode. Baru-baru ini ragam jenis dan bahannya marak di beberapa pekan mode di seluruh dunia.

Para perancang mode ramai-ramai meluncurkan koleksi dengan ragam jenis rok lipit. Stella McCartney, Kenzo dan Balmain memamerkan rok lipit berbahan sifon yang melayang lembut. Sedangkan Loewe, JCrew dan jenama HnM mengeluarkan rok lipit yang lebih kekinian dengan warna metalik.

Oleh karena itulah beberapa media gaya hidup seperti Elle, Who What Wear dan Vogue kemudian memperkirakan rok lipit akan menjadi tren besar di tahun ini.

Jika tertarik mengenakannya, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

Sesuaikan bentuk tubuh

Kabar menyenangkan bagi Anda penggemar rok plisket. Aksen ini dapat dipakai oleh semua jenis bentuk tubuh.

Jika Anda bertubuh mungil, rok lipit pendek dengan lipatan agak besar dapat menambah volume tubuh Anda sehingga terlihat lebih berisi.

Sementara itu bagi yang bertubuh sedang atau agak gemuk, rok midi hingga panjang dengan lipit kecil akan membuat tubuh terlihat lebih langsing.

Trik padu padan

Jika Anda mengaku pencinta mode yang berani menabrak warna dan model, cobalah berpenampilan seperti Alexa Chung. Pada akhir 2015 lalu pegiat mode ini mengenakan rok lipit midi yang dipadukan dengan baju hangat garis-garis penuh warna. Tampilan seperti ini akan membuat Anda terlihat modern.

Sebaliknya, menurut InStyle, jika Anda ingin menonjolkan sisi lipit romantis yang cantik, kenakan atasan yang lebih polos atau sederhana.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR