Titik awal menjadi suami sejati di masa depan

Berbagi tanggung jawab dalam rumah tangga, terutama soal memasak di dapur.
Berbagi tanggung jawab dalam rumah tangga, terutama soal memasak di dapur. | Author /ABC

Pada Jumat (23/8) lalu, sebuah video yang menunjukkan pertengkaran antara suami dan istri yang diambil oleh anak laki-lakinya menjadi perbincangan hangat setelah beredar secara daring melalui akun gosip di Instagram. Pertengkaran ini berawal ketika sang istri pulang kerja terlambat, sementara suaminya lapar dan menunggu lama di rumah.

Keduanya lalu terlibat adu mulut akibat perbedaan pendapat. Menurut sang istri, suaminya tidak harus menunggunya pulang dan bisa memasak sendiri. Sebaliknya, sang suami merasa tidak terima jika dia harus memasak sendiri, karena menurutnya itu adalah tanggung jawab istri.

Tiba-tiba hadir sang anak yang melangkah ke dapur dan langsung memasak. Perbuatan sederhana sang anak merupakan tindakan yang tepat untuk mendorong kesetaraan gender dalam memasak. Kesetaraan ini juga didukung penuh oleh Kecap ABC, brand masak sehari-hari yang digunakan di lebih dari 50% rumah tangga di Indonesia.

Pasalnya, lebih dari 60% istri bekerja di Indonesia, namun hanya kurang dari 3 dari 10 suami memasak. Secara umum, istri turut mengambil tanggung jawab finansial rumah tangga, tetapi suami tidak mengambil peran rumah tangga yang sama, yang sebenarnya bisa dimulai dengan memasak.

Permasalahan ini telah menarik perhatian Kecap ABC untuk meluncurkan program baru, yaitu Kecap ABC Koki Muda Sejati.

“Kecap ABC Koki Muda Sejati diciptakan untuk mulai membekali nilai-nilai kesetaraan gender pada remaja, mulai dari berbagi tanggung jawab dalam rumah tangga, terutama memasak di dapur,” jelas Dhiren Amin, Direktur Marketing & R&D, Kraft Heinz ABC SEA.

Program Koki Muda Sejati adalah kelanjutan dari upaya tahunan Kecap ABC untuk memperjuangkan kesetaraan gender di dapur. Kecap ABC telah menghadirkan “Akademi Suami Sejati” secara daring melalui situs www.akademisuamisejati.com dan luring, guna membantu para suami untuk berbagi tanggung jawab dalam memasak.

Program ini bertujuan untuk membuat perubahan yang berkelanjutan dengan mengajarkan para remaja laki-laki untuk memasak, agar mereka mengetahui bahwa kelak harus berbagi tanggung jawab bersama istri di dapur. Karena suami sejati masak, hari ini dan di masa depan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR